My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Iklan Pencarian Shopee. Part 0: Silabus



Sebenernya saya udah banyak bahas tentang Iklan Pencarian Shopee, tapi masih kececer2 dan kurang nyambung antara 1 dan lainnya.. Postingan ini diharapkan bikin artikel / video yang terstruktur, harapannya temen temen bisa ngikutin dengan lebih mudah.

siapa saya berani2nya ngajarin tips Iklan Pencarian Shopee? saya penjual online, sama seperti anda. Masih banyak yang lebih hebat dari saya, dan juga saya belum tentu benar.. Dan penting buat anda, bahwa apa yang saya sampaikan belum tentu berhasil di anda.

Hasil Iklan Pencarian Shopee
Hasil Iklan Pencarian Shopee


Iklan Pencarian Shopee ini kontribusinya cukup gede untuk penjualan saya di Shopee, kurang lebih ±30% lah.

Berikut silabus / urutan artikel tentang Iklan Pencarian yang akan saya buat kedepannya..

Tips Iklan Pencarian Shopee, Part 1: Kenali Produkmu

di sini saya akan bahas yang paling basic dalam mulai ngiklan Iklan Pencarian di Shopee. Yaitu Judul produk harus bener, foto produk harus ketce,  dan harus tau mana produk yang laku dan ga laku dalam ANGKA.

Apa itu produk laku? apa itu produk yang ga laku? kalau anda jawabnya dengan "produk laku adalah yang banyak terjual, dan produk yang ga laku adalah yang tidak banyak terjual"... berarti anda belum jadi penjual zaman now. hehe.

harus jelas, harus ada angkanya.. Produk laku itu ketika paramter tertentu mencapai angka tertentu, produk tidak laku itu ketika parameter tertentu tidak mencapai angka tertentu.. bingung ya?

oya anda WAJIB terbiasa dengan spreadsheet, entah Excel atau Google Sheet. Serius, mau jadi penjual online itu harus jago ngitung. Kalau anda "alergi" dengan itung2an, lebih baik ga usah jualan online. he he

Tips Iklan Pencarian Shopee, Part 2: Menentukan Biaya per klik maksimal

Ini pertanyaan paling sering yang dateng, kalau ngiklan nge-bid berapa ya? banyak banget yang ngiklan hanya karena "feeling". Ga salah sih, asalkan dicatet dan selalu evaluasi terus menerus. Sehingga ditemukan biaya bid yang optimal, tapi menurut "feeling"...

Kalau saya, daripada ngikutin "feeling" lebih baik ngikutin fakta angka.. lebih pasti..

Di sini saya akan ngasih tau metode yang saya lakukan untuk menentukan biaya per klik maksimal, sangat bisa diterapkan oleh anda.

Di saya sih berhasil, di anda belum tentu

Tips Iklan Pencarian Shopee, Part 3: Menentukan Produk

Produk mana yang harus diiklankan? produk mana yang JANGAN diiklankan? kalau produk baru ngiklaninnya gimana?

Tips Iklan Pencarian Shopee, Part 4: Menentukan Keyword

kalaua anda blogger, atau yang udah biasa "main" SEO, mungkin tidak akan kesulitan soal ini. Tapi buat yang baru "main" di jagat per-online-an, jujur saya agak susah ngejelasinnya.

Tp yang jelas keyword itu dibagi 2, generik keyword dan long-tail keyword. mana performa yang lebih bagus? generic apa long-tail? nanti saya akan share contoh kasus-nya

Tips Iklan Pencarian Shopee, Part 5: Evaluasi iklan

soal ini akan saya mulai dengan ngejelasin metrics2 di Iklan Pencarian Shopee. Sebenernya tinggal Googling aja sih, cukup simple kok.

Iklan mana yang paling bagsu? tentu yang ngasih omset sebesar2nya dengan biaya sekecil2nya. Seberapa besar? seberapa kecil? kalau boncos apa yang harus dilakukan? dan seterusnya.

di sini mungkin agak lumayan ngejelimet, kalau pakai tulisan agak sulit saya ngejelasinnya. Tapi kalau pakai video mungkin akan lebih mudah dimengerti.

Tips Iklan Pencarian Shopee, Part XXX: on request, case by case

5 tips di atas sebagai pondasi iklan saya selama ini, sekali lagi, di saya berhasil belum tentu berhasil di anda. Dan terkadang ada kasus2 baru yang ga tercakupi di situ, pengalaman pribadi kek atau pertanyaan yang masuk ke saya. Insya Allah akan saya bahas, kemungkinan besar agak nyerempet2 ke 5 tips di atas.

1 komentar: