My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Candid and Candor

apa arti judul di atas? candid camera? candor? nih hasil dari Google Translate.. Candid and Candor = Jujur dan Keterusterangan

Ini saya mau ngelanjutin artikel yang Kritik Jujur itu Mahal, karena baru dapet ilmu baru dari buku Winning-nya Jack Welch.

Awalnya saya kira orang ga mau jujur soal keadaan itu terjadinya di kita (Indonesia) aja, ternyata di Amerika juga sama! padahal Amerika negara liberal, menjunjung tinggi kebebasan berpendapat, tapi tetep aja.. Jujur untuk mengkritik boss itu adalah "mahal"

Bahkan si Jack Welch sendiri bilang, biasanya dia mendapatkan feedback yang candid dan candor itu hanya 10% aja dari total orang yang ditanya, kadang dapet 20%, itu sudah bagus banget katanya..

WOW! dari 10 orang, hanya 1 orang yang jujur dan apa adanya..Bener banget ini mah, kalau punya karyawan yang super terbuka dengan kita, PELIHARA! nyarinya susah.. perbandingannya 1 banding 10.

Saya ada mantan karyawan, sang whistle-blower.. Beberapa kali doi ini memunculkan / meng-expose masalah masalah yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Lebih banyaknya masalah tentang antara karyawan. Dulu karena saya belum ngerti, orang kaya gini saya anggap "ngeganggu".. padahal, orang kaya gini susah dicari!

Tinggal diarahkan aja, kejujuran dan keterusterangan yang dia punya ke arah yang lebih produktif, yaitu ke arah pekerjaan. Tapi sebenernya, masalah pertamanan antar karyawan lumayan penting juga sih.. Kebayang ga kalau ada karyawan yang saling musuh2an? gimana mau kerja sama..

Si whistle-blower ini, orang awam biasanya manggilnya "si tukang ngadu".. nah baru kebayang kan?

orang yang berani ngadu ke atasan itu pada hakekatnya BAIK! serius! terlepas dari konteksnya benar atau tidak, tapi kan itu masalah perspektif dan bukti aja. Kalau perspektif dia benar dan buktinya OK, ya bagus. Kalau salah? ya wajar dong.. Hakim juga sering salah.

Jadi... inti dari artikel ini adalah jangan sampai anda salah tindak lanjut kepada karyawan / tim / rekan kerja yang suka mengadukan sesuatu.. manfaatkan dia, arahkan ke hal hal positif.

0 Response to "Candid and Candor"

Posting Komentar