My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Apa itu CPAS Facebook Shopee?



CPAS itu singkatan dari Collaborative Performance Advertising Solution. Saat ini identiknya dengan Facebook..

Benda apa ini?

Simplenya gini... seller marketplace bisa ngiklanin langsung produk mereka di platform Facebook yang ditujukan ke tokonya di marketplace tersebut. Termasuk bisa meng-akses Facebook Pixel si marketplace khusus untuk tokonya..

duh ga simple juga ternyata...

saya coba ilustrasiin deh, katakanlah marketplacenya adalah Shopee ya...

Ilustrasi CPAS FB Ads Shopee
Ilustrasi CPAS FB Ads Shopee 


skemanya kaya gitu.. jadi yang biasanya kita jualan di Shopee saja, tapi sekarang kita jualannya di Facebook Ads, diarahkan ke Shopee.. Yang bayar adsnya siapa? ya kita, seller...

sebenernya skemanya simple, yang bikin agak ngejelimet itu ada si FB Pixel..

apa itu FB Pixel?


FB Pixel itu anggaplah seperti daftar hadir / absensi untuk pengunjung. Tapi daftar hadir ini bisa ngikutin si pengunjung dari awal dateng sampai beres.. Suatu website atau apps yang sudah tertanam code FB Pixel, bisa nyatet siapa aja yang dateng ke web tersebut, liat halaman yang mana saja, beli apa saja daaaannnn seterusnya..

Nah ketika orang tersebut udah ga di website/app tersebut, Facebook bisa "menyerang" mereka ketika buka FB atau buka IG dengan iklan produk2 yang pernah dilihat. pasti pernah mengalami kan?

Skema di atas namanya Retargeting atau Remarketing...

awalnya seperti itu.. lama kelamaan, karena daftar hadir tadi (FB Pixel) databasenya makin besar dan makin besar, Facebook bisa mengkategorikan orang orang tersebut berdasarkan sesuatu... Misalkan, Facebook bisa ngasih tau orang orang mana aja yang "mungkin" suka otomotif...

dari situ, orang yang ga punya FB Pixel jg bisa ngiklan.. Ngiklan ke "saved audience", yaitu database2 yang gede tadi, dan dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Misal umur, gender, orang tua atau bukan, tertarik barang apa? dst dst dst....

semoga bisa dimengerti, kalau belum coba dibaca ulang...

Bedanya pakai CPAS Facebook Shopee dengan tidak?

Kelebihan utama ngiklan CPAS Facebook Shopee itu kita bisa retargeting. Kita bisa "menyerang" lagi orang-orang yang ga jadi beli ke toko kita di Shopee. "nyerang"-nya bukan di Shopee, tapi di Facebook atau di Instagram..

Jadi kalau kita ngiklan pakai CPAS Facebook Shopee ini, kita akan dikasih akses ke "daftar hadir" toko kita.
Dari jutaan pengunjung tiap harinya, dipilih2 sehingga hanya pengunjung yang mengunjungi toko anda.. bikin seperti ini ga mudah..

Itulah mengapa CPAS Facebook Ads Shopee ini hadir..

Siapa yang cocok pakai CPAS Facebook Shopee?

ini sebenernya ngiklan level intermediate lah.. jadi untuk yang baru mau ngiklan di Facebook, saran saya lebih baik jangan.. Ini beberapa kriteria yang menurut saya cocok untuk mulai CPAS Facebook Ads Shopee:
  • sudah "main" Facebook ads minimal 6 bulan
  • Star Seller di Shopee
  • Pengunjung Shopee dalam 30 hari terakhir minimal 1000 pengunjung --> bisa cek di Seller Center - Bisnis Saya

--

Siap terjun untuk mulai CPAS Facebook Ads Shopee? silakan baca artikel artikel di sini:

0 Response to "Apa itu CPAS Facebook Shopee?"

Posting Komentar