My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Mencari Lowongan Pekerjaan

Bismillah.. ini postingan pertama saya untuk memulai project bikin buku #superpegawai.. terima kasih yang sudah berkunjung ke sini....

Kita mulai dengan tips teknis yang ringan dan mudah dipraktekkan, yaitu gimana cara mencari lowongan pekerjaan?

Cari Lowongan Kerja di Mana?

Info loker bertebaran banget.. Yang anda perlukan hanya kemauan, internet, dan baca!

Coba aja Googling lowongan kerja.. boom! akan ada banyak sekali pilihan.. Dan ketika artikel ini ditulis, Google bikin smart result yang langsung merangkum loker loker dari berbagai website, keren banget. Coba buka ini:

https://www.google.com/search?q=lowongan+kerja&ibp=htl;jobs

Mencari Lowongan Pekerjaan di Google
Mencari Lowongan Pekerjaan di Google


dari situ udah banyak banget, tapi nampaknya di tengah 2021 ini belum terlalu ok, masih banyak yang "ngaco ngaco".. ya gpp lumayan..

Selanjutnya anda buka Instagram... search aja di kolom search IG, "Lowongan Kerja". Akan banyak muncul akun akun lowongan kerja di situ. Enaknya kalau di IG, akun akun itu biasanya udah naro nama geografis. Misalkan @infolokerbandung, artinya sebagian besar postingan mereka adalah lowongan kerja di daerah bandung. Pas buat orang yang nyari kerja di Bandung.

Akun Instagram Lowongan Kerja
Akun Instagram Lowongan Kerja

Rata-rata akun2 IG tersebut dikelola secara professional, saya sangat sering menggunakan jasa mereka untuk posting lowongan kerja, dan itu bayar!

kalau masih belum cukup.. Bisa buka Facebook, tinggal cari aja GRUP LOWONGAN KERJA, ini banyak banget bertebaran. Di grup Facebook ini, biasanya orang bebas posting, sehingga postingan postingan nya pun sangat liar..

Grup facebook lowongan kerja
Grup facebook lowongan kerja

Kalau masih belum puas juga, silakan bisa cari WA Grup untuk lowongan kerja, Googling aja. banyak banget kok. Belum lagi Group telegram..

Oya ada juga penyedia jasa Lowongan Kerja, seperti OLX, JobsDB, Jobstreet, Kormo, dan banyak lagi..

Intinya, untuk nyari info lowongan kerja sih banyak banget bertebaran. Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah mau pilih loker yang mana?


Pilih Lowongan Kerja yang Bagaimana?

apa cita cita anda?

coba jawab pertanyaan di atas.. mungkin sebagaian besar susah jawabnya, anda ga sendirian. Banyak sekali kok orang makin gede makin ga punya cita cita.. apakah ini jelek? dalam banayak kasus, ya jelek... ini pernah saya bahas di sini: https://www.youtube.com/watch?v=WaKurUTY5jw

Kalau anda bisa jawab.. bagus! saya rasa anda tahu harus melamar ke lowongan yang mana...

apa kompetensi dan keahlian anda?

Nih buat yang ga bisa jawab apa cita cita anda, tanya lagi ke diri sendiri.. Punya kompetensi apa? punya keahlian apa? Sehingga kompetensi dan keahlian tersebut menjadi nilai jual diri anda...

Kompetensi dan keahlian yang saya maksud ga melulu harus sama dengan jurusan sekolah loh ya.. karena fakta membuktikan, ga melulu orang kerja sesuai dengan jurusannya waktu sekolah... Hanya saja, ketika level fresh graduate, jurusan sekolah anda cukup menjadi penentu buat perusahaan menerima anda. apakah jurusan anda sesuai dengan pekerjaan yang dilamar? Tapi kalau pekerjaan bukan untuk fresh graduate, jurusan sekolah nyaris ga penting sama sekali.

Saya ada karyawan jago fotografi, dulu jurusan fisika. Ga nyambung.. tapi dia kompeten..
Saya ada karyawan dulunya jurusan bahasa Inggris, skg ngerjain konten sosial media. ga nyambung!
Dan saya sendiri, jurusan Teknik Kelautan, sekarang malah dagang dan bisnis.. ga nyambung!

Jadi... tuliskan kompetensi atau keahlian anda saat ini.. lalu cari lowongan kerja, yang kira kira "cocok" dengan kompetensi atau keahlian anda..

Kalau bingung menentukan keahlian dan kompetensi. coba jawab pertanyaan ini..

  • Saya senang sekali melakukan ............... (boleh lebih dari 1)
  • Saya sangat lihai dalam melakukan .......... (boleh lebih dari 1)
  • Ketika saya melakukan ini ......, waktu sepertinya berlangsung sangat cepat. (boleh lebih dari 1)
  • Setidaknya sudah 1 tahun ke belakang saya melakukan hal hal ini ....... (boleh lebih dari 1)
sip nangkep ya? mudah2an sudah jelas.....

Bagaimana Cara Melamar Pekerjaan?

Nyari info lowongan kerjanya sudah,, memilih yang pas juga sudah, nah gimana cara ngelamar pekerjaan supaya diterima? nah kalau ini insya Allah akan saya bahas di artikel lain.


Semoga bermanfaat. jangan lupa subscribe channel Youtube sy di atas ya...

0 Response to "Tips Mencari Lowongan Pekerjaan"

Posting Komentar