My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku: Line In - Sheryl Sandberg

Dikirain buku apa, ternyata buku tentang emansipasi wanita. Basi atau ga basi? setuju atau ga setuju?

Kalau sikap saya jelas, di Islam ga ada emansipasi, ga ada persamaan gender. Semua ada porsi dan fungsinya masing2. Apa yang jadi sunnah laki laki itulah porsi laki laki, apa yang jadi sunnah untuk perempuan itulah porsi perempuan. Ini sikap saya. Bagaimana dengan anda?

Meski saya ga setuju dengan emansipasi wanita, tapi buku ini saya lahap dan cukup lumayan lah isinya. Dapet berbagai insight penting tentang kehidupan berkarir di Amerika sana..

buku emansipasi wanita Lean In oleh Sheryl Sandberg
buku emansipasi wanita Lean In oleh Sheryl Sandberg



Jadi Sheryl Sandberg ini adalah COO nya Facebook. Dulu kerja di Google, cukup tinggi juga jabatannya. Intinya wanita dengan karir tinggi banget nget deh. Keren salut.

COO Facebook sibuk ga? pasti dong.. dan ini sempet nelurin buku.. keren kan? saya mah cuma bisa nyinyir... Karir ga setinggi doi, nulis buku juga tidak.. Intinya Sheryl Sandberg ini keren lah pokoknya...

Buku ini nyeritain tentang kisah kisah pengalaman doi dan pengalaman temennya soal emansipasi wanita, soal bagaimana wanita dianggap sebelah mata, soal porsi wanita yang ga seimbang dengan porsi laki laki di karir..

Sebenernya yang lebih menarik adalah tokoh tokoh dalam cerita-cerita itu, doi nyeritain tentang Mark Zuckerberg, nyeritain tentang petinggi petinggi tech GIANT di Sillicon Valley, dan tentang politisi papan atas juga ada.. Dengan cerita2 ini saya jadi terbayang bagaimana latar dan kejadian kehidupan di Sillicon Valley sana.

Balik lagi ke emansipasi wanita...

Setidaknya ada 1 hal deh yang saya sepakati dengan buku ini. Kata penulis, mau apapun pekerjaan yang diambil oleh wanita entah itu jadi wanita karir, entah itu jadi presiden, entah itu jadi ibu rumah tangga. Itu adalah pilihan penuh si wanita, dan semua itu butuh partner yang baik, yaitu suaminya. Untuk saling backup. Ya saya sepakat! Saya dan istri adalah partner dalam segala aspek, partner dalam hidup, dalam rumah tangga, dalam bisnis, dalam bertukar pikiran, dannnn apapun... Partner itu penting...

Buku ini cocok sekali untuk:
  • yang kuat iman Islamnya --> harus teguh bahwa yang ada adalah sesuai porsi, bukan 5050 emansipasi
  • wanita karir middle level up
  • yang sudah bersuami
  • yang udah ga mikirin kebutuhan dasar (keuangan cukup)
Overall bukunya ringan dibaca, bahasa Inggrisnya ga terlalu susah. Ceritanya mudah dicerna. Meski secara konteks saya tidak sepaham, tp ini buku lumayan bagus..

Terkahir saya tutup dengan cuplikan di buku ini:
leadersip is about making others better as a result of your presence and making sure that impact lasts in your absence

semoga bermanfaat..

0 Response to "Review Buku: Line In - Sheryl Sandberg"

Posting Komentar