My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Anak Sakit Demam Batuk sudah 5 hari

Anak saya yang sulung sudah batuk dan demam 5 hari ini.. Sedihnya perasaan orang tua melihat anak sakit. Kerja jadi ga fokus, apa apa jadi ga fokus, kepikiran anak terus.

cerita singkatnya seperti ini, nama anak saya Samudra Dipa Negara, saya manggilnya abang.

hari pertama anak sakit demam dan batuk

Si abang tiba tiba demam, lemes, dan batu batuk berdahak. Kami menganggap mungkin ini karena kecapean, karena beberapa hari sebelumnya, kami sekeluarga rally pergi kesana ke sini, nginep sana nginep sini. Jangankan anak kecil, saya aja cape.

Oya di hari ini, saya udah 1 minggu juga batuk2 berdahak. tapi tidak demam sama sekali.

Jadi fisik abang yang kecapean, ditambah ada virus di badan saya (mudah2an bukan Covid-19), sudah jadi alasan yang cukup si abang bakal sakit.

hari kedua anak sakit demam dan batuk

hari kedua masih demam dan batuk, demam kami tanggulangi dengan ngasih Paracetamol merk Tempra. Selang beberapa saat panas langsung turun, tapi naik lagi. Wajar, karena Paracetamol itu kan nyembuhin gejala, bukan penyakit.

batuk abang masih berdahak.

hari ketiga anak sakit demam dan batuk

hari ketiga ini cukup berat, karena saya yang sedang bintitan, demam juga! meriang... mungkin karena si bintitan ini lg perang lawan kuman kali ya. namanya bisul emang bikin meriang, apalagi ini di mata, kepala pusing dan lemas.

Abang juga sama, masih demam. Tapi batuk sudah tidak berdahak.

Teparlah ayah anak, alias kami ber-2 di kamar, karena sakit.

Bintitan saya, saya kasih obat CENDO FENICOL, ga langsung ampuh ngilangin bintitan ini. Tapi cuma ini peluang terbaik saya...

hari keempat anak sakit demam dan batuk


Sudah hari ke-empat, demam abang masih ga turun turun. Turun sih sebenernya, karena ditembak oleh Paracetamol-nya tempra. Tapi aneh aja, kok ga ceria ceria ini anak. udah hari ke-empat loh!

Biasanya sih kalau demam anak, 3 hari itu udah tergolong lama.

Yang parah di hari ke-empat ini, abang batuk batuk ga berhenti berhenti. Batuknya kering, ga berdahak.

kasian dengernya, beneran batuk ga berhenti2. mungkin batuk tiap menit. Mending kalau batuknya, sekali dehem, ini beberapa kalu "dehem"-an.. Coba bayangin aja anda batuk selama 2-3 jam ga berhenti berhenti, pasti cape! kasian abang.. saya sedih sekali di sini liat abang.

Saya berpikir dalam hati, apakah harus ke UGD? duh saya trauma ke UGD. karena pasti harus nginep!

Saya sudah bulak balik UGD nganterin ayah saya yang sakit jantung, dan semuanya ga pernah berakhir dengan rawat inap 4-5. memang begitu prosedurnya... Nunggu di rumah sakit dengan durasi seperti itu, membuat saya trauma.. kesel. ga produktif. Jadi di hari ke-empat ini, saya belum bawa abang ke UGD.

Jadinya kami putuskan untuk membeli obat batuk atau obat alergi ke Apotek, tanpa ke dokter dulu. Lalu besoknya, kami akan ke Dokter Anak

Ditambah, kami coba nebu si abang, menggunakan cairan air biasa dicampur minyak kayu putih. Yang ternyata ga works! percuma kata dokter.

hari kelima anak sakit demam dan batuk

Pagi2 abang masih demam, dan masih batuk2 terus. Sungguh ga tega liatnya.

bahkan saya sampai stress sendiri, karena mendengarkan batukan anak saya setiap saat. setiap menit. kasihan. annoying. kesal. sedih.

Lalu abang dibawa ke klinik, untuk diperiksakan ke dokter. Dan benar saja, sesuai dugaan saya, abang disuruh ke UGD! dokter yang meriksa abang dengan jujur ga tau ada masalah apa dengan abang, karea dengan stetoskop + pemeriksaan langsung tidak menunjukkan paru-paru abang banyak lendirnya.

ya Allah masa harus ke UGD? sungguh saya trauma, dan ga ingin nginep di RS!

Lalu saya putuskan untuk tidak dulu ke UGD, tapi kami bawa dulu abang untuk ronsen ke lab.

hasil ronsen menunjukkan bahwa ada kemungkinan abang kena paru-paru basah atau mungkin juga kena TBC.. ya Allah... padahal abang udah pengobatan TBC setahun lalu, baca tulisan istri saya di sini: http://www.haratulisanah.com/2019/12/pengalaman-sakit-tb-paru-pada-anak.html

ya Allah...

Saya baca baca, ada kemungkinan juga batuk2 akibat virus. langsung saya cari obat antivirus. Saya ingat ada obat ini, karena sebelumnya abang juga udah kena cacar air. mudah2an jadi solusi.

Dan juga alhamdulillahnya masih ada tabung oksigen, bekas ayah saya. Maka saya coba pakaikan ke abang selang oksigen ini. Anaknya berontak! nangis! padahal memakaikan selang ini ga sakit, cuman anak jadi risih, malah jadi berontak. Ini perjuangan buat orang tua, untuk bisa ngelobi anak sendiri. 

Akhirnya berhasil, abang pakai selang oksigen, lumayan lah 15 menitan. better, daripada tidak sama sekali.. apakah ada efek postifi, belum tau.

Tulisan ini dibuat di hari kelima, dan saya masih belum memutuskan apakah perlu saya bawa abang ke UGD RS? Abang lagi tidur, batuknya mulai berkurang, tapi demamnya belum. Anak saya terlihat kurus, ga ceria, kangen sekali main dengan abang....

apakah besok? lusa? atau nunggu apa?

Tulisan ini belum ada kesimpulan, insya Allah nanti sy update lagi.

---

pesan buat abang Samudra Dipa Negara
Abang, abang nyasar di tulisan ayah ini karena nge-Googling nama abang ya? hehe.. atau mungkin nama search engine nya udah berubah...
Alhamdulillah kalau abang baca ini, ayah sayang abang.
Kalau ayah masih hidup, langsung telpon atau peluk ayah ya selepas baca tulisan ini.
Kalau ayah udah meninggal, doain ayah supaya diringankan siksa kuburnya.

ayah sayang abang. Cimahi 2021-04-09

0 Response to "Anak Sakit Demam Batuk sudah 5 hari"

Posting Komentar