My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Salah Kaprah Belanja COD

Belanja online COD itu emang enak banget, serius. Ga ribet. Cuman orang orang banyak yang salah kaprah, baik dari sisi penjual ataupun dari sisi pembeli.

Ini beberapa hal yang salah kaprah soal metode pembayaran COD atau bayar di tempat:

1. Dikira bisa cek barang dulu baru bayar, padahal tidak

ini banyak banget, tp mungkin berangsur2 akan turun. Biasanya kejadian ke orang yang baru mulai belanja online. Disangkanya belanja COD itu dia bisa cek dulu barangnya, baru bayar deh ke kurir. aslinya tidak loh kawan, jadi ketika kurir dateng, kita bayar dulu, baru boleh buka si isi paket.

Mungkin salah kaprah inilah yang ngebuat pengiriman COD di-retur/ga jadi beli. Walaupun sebenernya ratenya cukup kecil kok. Sepengalaman saya, cuma sekitar 5% saja yang ga jadi beli dari seluruh transaksi dengan pembayaran COD.

2. Dikira yang suka COD hanya orang yang kurang melek online banking, padahal tidak

Beberapa kali saya belanja pakai COD, padahal saya penjual online yang sudah sangat biasa transaksi online. Kenapa sy lakukan ini?

Karena online banking itu kadang ribet! kudu buka aplikasi, masukin ini itu, dan lain sebagainya. Apalagi untuk transaksi yang kecil kecil, misal under 50rb. Saya lebih prefer COD. karena tinggal klik klik ini itu di Shopee/Lazada, pesanan lsg diproses. Ga ribet buka aplikasi banking.

Dan kalau saya terkadang beli keperluan untuk kantor, jadi kalau barang datang ke kantor, langsung dibayarin oleh Karyawan, jadi langsung masuk ke pembukuan kas kantor, bukan ke kas pribadi dulu. praktis kan?

Jadi buat anda yang agak skeptis dengan pembayaran COD, ini nyasarnya bukan ke yang "kurang melek" internet banking kok.

3. Dikira tidak bisa membatalkan COD, padahal bisa.

Banyak banget yang nanya, bisa ga sih batalin COD. jawabannya BISA! absolutely bisa!
simple aja, kurir ketika datang, ga mungkin maksa anda untuk bayar! kurir hanya melaksanakan tugasnya.

Yang bisa ngasih pinalti anda ga bayar COD bukan kurir, tapi penyedia belanja online anda. Kalau beli di Shopee itu, seandaikan anda pernah membatalkan COD, score akun anda akan berkurang, ada kemungkinan tidak bisa belanja COD lagi. Platform lain juga akan melakukan hal yang sama.

Jadi pada intinya, sangat sangat mungkin anda membatalkan pesanan COD anda ketika kurir sudah datang. apapun alasannya.

--

Overall, saya pernah nynyir soal COD ini di sini: https://www.garoblogz.com/2020/10/cod-kemunduran-bisnis-online.html

ternyata saya salah...

Ternyata fitur COD ini lebih banyak manfaatnya ketimbang mudharatnya. Bagus untuk pertumbuhan bisnis secara nasional. Penyerapan barang jadi lebih merata, GDP harusnya bisa naik.

Masalah orang2 yang belum bankable, itu mah lambat laun juga kesisir kok. Dulu sedikit sekali orang punya HP, sekarang? semua punya HP. dulu internet barang mewah, skg? tanpa internet orang bisa hidup. yes, it's just matter of time

0 Response to "Salah Kaprah Belanja COD"

Posting Komentar