My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Masjid Salman ITB: My Memory Box

Kemarin siang, saya dan keluarga solat Dzuhur di Salman ITB, terakhir kali solat di sini adalah taun lalu. Di masa awal awal pandemi sebelum PSBB pertama.

Ruang Utama Masjid Salman ITB
Ruang Utama Masjid Salman ITB



Haru, sedih, seneng, campur aduk.

Masjid Salman ini spesial banget buat saya. Padahal mah waktu S1 dulu ga aktif di Salman, padahal waktu dulu kalau jam solat pas deket Salman, tetep aja ngeleos (lewat tanpa permisi). 

Tapi pas S2, 11 tahun kemudian, saya sangat suka sekali solat berjamaah di Salman. Melihat mahasiswa mahasiswa calon pengubah bangsa, yang Insya Allah soleh. Jadi buat saya refleksi diri, waktu S1 saya ngapain aja ya?

Melihat Mahasiswa yang bau badan ketika solat, masya Allah. Demi ngampus ga telat sampai lupa mandi gitu? atau gara2 malemnya main game sehingga bangunnya telat? wallahualam.

Intinya solat berjamaah bersama mereka, penuh aroma perjuangan. Bukan perjuangan turun ke jalan kali ye, bukan perjuangan perang kali ye. Tapi perjuangan yang lebih elegan, yang lebih bermanfaat, yang lebih berpahala. Perjuangan menuntut ilmu dengan serius, perjuangan melaksanakan ibadah tepat waktu, perjuangan melawan godaan masa muda, perjuangan membela akidah Islam. masya Allah.

Subhanallah kalau saya ingat masa S1 dulu. Jadi nyesel masih banyak main nya daripada inget Allah nya, masih banyak nongkrongya ketimbang belajarnya. subhanallah.

Ada lagi yang membuat saya sedih pas kemarin. Kantin Salman tutup!

kantin Salman tutup! entah hari itu aja, atau dari kemarin2
kantin Salman tutup! entah hari itu aja, atau dari kemarin2



Waktu S1 saya sering ngeledekin, "ah makan di Salman mah, mahal ga ada rasanya pula!". ih ya Allah maafkan hamba, ternyata kantin Salman ini kantin terbaik yang ada di kota Bandung! Selama saya S2, makan di kantin Salman adalah pilihan utama. Bersih, antrian tidak bercampur, self-service yang melatih kedewasaan, pilihan banyak lengkap.

Sedih skg Kantin Salman ditutup. Saya inget banget kasir kantin Salman. embak embak dan emak-emak. Satu masih muda, mungkin beda beberapa taun aja dari saya, itu udah jadi kasir sejak saya S1.

Satu lagi udah agak tua, mungkin usia 50an. sama ini juga, udah jadi kasir sejak saya S1.

masya Allah, apa kabarnya ya si emba dan si emak ini? si embak sih jelas banget logat jawanya, kalau si emak saya lupa logatnya.

Sangat berkesan sekali sama 2 kasir ini, karena waktu saya S1 dulu sering "diubek" makanan yang saya bawa, mungkin takut ada nyumputin lauk di dalem nasi mahasiswa yang segunung. itu dulu. terakhir waktu S2, udah ga lagi makan nasi segunung, meski badan skg lebih gemuk. haduh.

huh hah. nulis ini juga ngebuat hati saya melayang, hati terpaut ke Masjid Salman ITB.

Sudah saya bilang di awal, saya sebenernya ga aktif di Salman, tapi entah mengapa, memori saya tentang Salman ITB yang menjadi kunci masuk ke memori memori saya yang lain.

Saya ingat sekali dulu waktu tahun pertama, tidur sambil berdiri! lagi jumatan tidur, sambil berdiri, terkantuk2 sama temen yang lain. Gara garanya, si imam Jumatan baca surat Ar-Rahman dari 1 sampai akhir! panjang banget kan? hehe

Trus inget juga, beberapa politisi terkenal pernah berceramah di sini. Hatta Rajasa, Ahmad Heryawan, hmm siapa lagi ya?? yg jelas materinya ga kacangan bro, materinya keren abis, kontemporer menyatukan teknologi, masa kini, dan agama.

Trus inget juga, dulu ada kejadian nyata yang bikin ketawa sampai sekarang. Jadi gini, saya berkegiatan di kampus, lalu kawan saya dimarahin senior karena lagi tidur, saya lupa tidur di kosannya apa tidur di sekre ya? yang jelas tidur lah.. lalu si Senior marahinnya gini: "mau tidur mah di Salman!" semua orang meng-"iyakan", astaghfirullah. Memang Salman adalah penyelamat kami kami kalau bingung mau tidur dimana. Tapi setelah beberapa hari dari kejadian itu, kami berpikir. Kan salman temapt solat masa disuruh tidur di Salman? duh ngaco juga nih senior. hehe. *nulis ini sambil senyum2

ah udah ah wisata memorinya, kala anda baca mungkin ada afiliasi juga dengan Masjid Salman ITB. apa memori anda? share you di bawah.

0 Response to "Masjid Salman ITB: My Memory Box"

Posting Komentar