My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku - Sifat Shalat Nabi - Syekh Al-Utsaimin - Darus Sunnah

ini adalah lanjutan dari postingan yang ini:

Ini buku ke-4 atau ke-5 yang saya baca tentang tata cara solat. Dan, masya Allah, masih banyak yang saya belum taunya. Padahal udah solat 20 taunan lebih... anda bagaimana?

Buku Sifat Shalat Nabi - Syekh Al-Utsaimin - Darus Sunnah
Buku Sifat Shalat Nabi - Syekh Al-Utsaimin - Darus Sunnah



Saya ga akan bahas konteks materi bukunya, karena sangat rawarn salah menyampaikan.. Saya akan bahas kesan dari si buku ini.

1. hardcover, cetakan bagus

ya standar lah ini ya. jd kalau anda agak risih dengan cetakan buku, buku ini ga masalah. Kertasnya HVS, hard-cover, ada pembatas bukunya, lemnya juga OK

2. Terjamahan kurang bagus, agak sedikit membingungkan

Sepengalaman saya, baca buku terjemahan dari bahasa Asing ke bahasa Indonesia itu lebih enak buku terjemahan bahasa Arab ketimbang terjemahan bahasa Inggris. kok bisa gitu? ya, tinjau aja sejarah. NU dan Muhammadiyah itu belajar pakai bahasa Arab, dikala bahasa Inggris belum jd yang utama.

Buku ini sebenernya lumayan sih, cukup bisa difahami. Hanya beberapa part aja bikin bingung, harus baca 1-2x untuk bisa faham.

3. kaji kata per kata

Sebenernya saya kurang suka dengan kaji kata per kata. hehe. Jadi dibahas tentang huruf arabnya, apa maksudnya, contoh di kalimat lain, dan lain sebagainya. Ini cocok banget kalau anda levelnya ustad.

Kalau saya yang levelnya praktisi, ini kurang cocok.

Jadinya saat tulisan bahas kata per kata bahasa Arab, kebanyakan saya skip. Langsung ke syarah hadits, atau faedah dari hadits.

4. konteks loncat loncat

Jangan harap dengan baca buku ini dipandu tata cara solat berurutan dan mudah dipraktekkan.

karena konteksnya loncat loncat, Tasyahud ada di awal dan di tengah. Dzikir ada di bagian akhir, tapi keselang seling. dst.

Saya gatau kenapa dibuat seperti itu, mungkin bab diurutkan dari yang ter-darurat mungkin ya.

Buat saya sih ga begitu masalah, tapi buat anda yang belum pernah baca buku tentang tata cara solat, pasti akan bingung baca buku ini...

--

Jadi kesimpulannya, jika anda baru banget mau belajar solat yang bener, hindari dulu buku ini. Cari buku yang lebih teknis dan lebih ringan pembahasannya...

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Review Buku - Sifat Shalat Nabi - Syekh Al-Utsaimin - Darus Sunnah"

Posting Komentar