My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Cara Daftar Facebook Collaborative Ads dengan Shopee


Alhamdulillah beberapa tulisan saya tentang FB Ads Collaborative ads dengan Shopee cukup baik respon nya. Silahkan cek dulu di sini, sebelum lanjut baca ya...

Banyak pertanyaan masuk via Japri gimana caranya daftar FB CPAS x Shopee?

ini saya kasih tau pengalaman yang saya alami ya, apakah cara ini sama dengan semua seller saya gatau.

Jadi ceritanya saya memang ngiklan di FB kadang landing page nya adalah link produk yang di Shopee. waktu itu udah spent cukup lumayan juga, dan performa nya ga jelek2 amat, meskipun ga bisa dilacak pembeliannya.

Setelah jalan kurang lebih 3-4 bulan campaign "klik to Shopee" itu saya jalankan, ternyata FB meluncurkan namanya Collaborative Ads, dan waktu itu ketika saya telponan dengan Ads Expert dari FB, katanya bisa kok langsung terkoneksi dengan Shopee, bisa membuat iklan jadi lebih terukur.

mundur dikit.. Gimana cara telponan dengan FB Ads Expert? Ini sih sepertinya semua pengguna FB Ads dengan batasan budget iklan tertentu punya akses untuk menjadwalkan telponan dengan FB Ads Expert. Ngapain? org FB akan melihat lihat iklan kita dan ngasih tau best practicenya. jadi enak banget. Kalau anda belum pernah dapet email fasilitas telponan dengan FB Ads Expert, mungkin karena uang yang anda spent di FB Ads kurang banyak. FYI: saya menghabiskan ±5jt/minggu di FBads. Mungkin itu bisa jadi patokan.

lanjuttttt soal FB CPAS x Shopee...

Kalau ada collaborative ads dengan Shopee itu katanya lebih terukur. Karena yang tadinya si iklan hanya bisa melacak sampai berapa kali klik, kalau terkoneksi dengan sistemnya Shopee kan kita jadi tau mana yang beli mana yang tidak, berapa nominal belanjanya, dst. Itulah mengapa lebih terukur.

Technically, lebih terukurnya itu karena kita mengakses FB Pixelnya Shopee... Sama aja seperti FB Pixelnya web anda. Bisa lacak berapa klik kan? bisa nge-grab audience, bisa ngelacak penjualan, add to cart, dan lain sebagainya.... kalau blm mengerti, abaikan paragraf ini..

Setelah tau bisa konek langsung ke Shopee. Saya langsung menanyakan RM saya di Shopee. RM itu adalah Relationship Manager-nya brand saya di Shopee. Dengan kata lain yang menghubungkan saya dengan pihak Shopee secara langsung, komunikasi bisa sangat cepat dan intens.

mundur dikit lagi.... Ga semua seller di Shopee punya RM. Kalau ada orang yang ngontak anda secara japri dan officially dari Shopee, itulah RM anda. Jika blm ada, berarti anda belum eligible punya RM. Mungkin performa toko anda yang masih belum OK, atau penjualan anda yang masih sedikit. Sebagai perbandingan silahkan cek toko saya di Shopee.

Dari RM, saya disuruh nge-email ke pihak marketing nya Shopee.. Dengan memebritahukan nama Toko saya, dan nama RM saya... selang beberapa jam, email saya dibales oleh pihak Shopee, dan dijelasin teknis teknis setup FB Ads Collaborative Ads.

email teknis setup FB CPAS Shopee
email teknis setup FB CPAS Shopee



Abis itu saya ikuti teknis teknis setup itu, 2 hari kemudian saya udah punya akses ke Catalog Produk saya di FB Pixelnya Shopee.. Dan udah mulai bisa ngiklan deh..

Jadi kesimpulannya... Ga semua seller eligible daftar FB CPAS x Shopee ini...

Saran saya, jangan terlalu ngebet sama FB CPAS x Shopee ini, jika anda belum eligible, berarti anda belum "cukup umur", bisa bisa pakai ads malah boncos setiap hari.. Jadi saran saya jika belum eligible, mending pelajari lagi soal FB Ads dan Shopee Ads supaya penjualan naik, kalau penjualan naik dan ok, lambat laun Shopee nge-lirik anda kok...

Semoga sukses jualnnya...

2 komentar:

  1. Mas saya mau tanya, kalau item produk shopee-nya diedit misalnya cover image produknya diganti gitu, kira2 berapa lama ya waktu untuk FB Ads manager menyesuaikan dengan cover image yg baru? Thank you Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm... sy pernah mikirin hal yang sama, tapi ga saya cek.. yang jelas ga instant berubah.. jadi MUNGKIN antara 1-3 hari baru berubah

      Hapus