My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Cara Koboi Dulu Baru Buat Sistem

Ini adalah lanjutan dari artikel ini: https://www.garoblogz.com/2020/10/kiss.html

Sangat disarankan untuk baca dulu artikel itu, hal bagus untuk memecahkan semua masalah teman teman

Saya menyebut cara koboi artinya cara melakukan sesuatu seperti koboi, alias melakukan sesuatu asal HAJAR! yang penting selesai.

Jadi saya berteori, daripada kita pusing kerja keras mikirin sistem, selama masih bisa dihandle dengan KOBOI ya gunakan dulu aja terus cara koboi itu.

Sebagai contoh seperti ini:

Anda berencana membuat toko online, anda sudah merisaukan bagaimana pembayaran, bagaiman memverifikasi secara otomatis, bagaiman pelanggan bisa melacak pesanannya di web anda, bagaimana pelanggan dapat notifikasi, dan lain sebagainya.... Bayangkan user experience belanja di Marketplace besar..

Padahal.... Dari semua itu bisa diselesaikan hanya dengan KONTAK secara manual melalui WA kan? ribet dan cape sih, tapi solutif bukan?

Sekarang kalau mau nunggu sistem dulu jadi, kapan mau jualannya? modal keburu habis membuat sistem.

Pola pikir seperti ini kerennya disebut pola pikir agile yang pas banget dituangkan di buku Lean Startup.


Lalu contoh kasus nyata yang saya alami adalah...

Belakangan saya sedang membuat sistem untuk admin saya, supaya pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat.. wah puyengnya bukan main. Sistem ini adalah sistem yang memeberitahu stok inventory kami secara otomatis dan realtime, dimana sekarang inventory kami terbagi menjadi 2 gudang. Nah kebayang ga kompleksnya? intinya ribet deh..

Saya berusaha sekuat tenaga suapaya sistem berjalan otomatis, tanpa ada campur tangan "input manua" atau "copas manual". dan masih belum berhasil! Akhirnya saya memutuskan "yasudah! cara koboi dulu!" sambil menjalankan sistem yang ada, kami sambil iterasi membuat sistem yang lebih baik.

Ingat! di dunia bisnis semua berjalan paralel! tidak ada sempurna dulu baru launching, tidak ada kaya dulu baru bisnis, tidak ada banyak uang dulu baru invest, tidak ada aman dulu baru cari resiko! semua paralel..

Bingung ya?

ya begitulah, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Koboi Dulu Baru Buat Sistem"

Posting Komentar