My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Bikin Males Solat Berjamaah

Alhamduliillah saya sudah 2 tahun ke belakang cukup konsisten solat berjamaah ke Masjid. Tertiba saya flashback, kenapa ya waktu dulu saya ga solat berjamaah ke masjid?

Faktor utama nya jelas adalah MALAS...

Saya breakdown, kenapa sih malas?

1. Mengganggu flow

lagi asik asiknya main, eh tiba tiba harus solat, dan kalau solat ke masjid kan ga bisa ditunda. waktunya udah fix. Sedangkan kalau solat sendiri kita bisa nunda nunda, jadi bisa ngatur flow kegiatan. Ya kurang lebih seperti itu. Subhanallah, harusnya mikirnya dibalik, jangan sampai flow pekerjaan mengganggu flow kegiatan. 

Harusnya kita menyeusikan yang sudah fix, bukannya ngakalin yang fix supaya sesuai dengan yang tidak fix juga. hehe bingung ya..

Solat kan udah jelas waktunya, jadwal solat udah lengkap! mau sampai taun kapanpun, dimanapun udah ketauan. Lalu kenapa kita ga menysuaikan jadwal kita sehingga tidak mengganggu waktu solat?

Jadi inti masalah "mengganggu flow" ini adalah time management yang buruk.

2. Males jalan

Ya saya ngerasain banget males jalan ke masjid. Tapi setelah dipikir pikir, seberapa jauh sih masjid dari rumah? deket banget! jalan kaki ga sampai 1 menit..

Setelah dipikir pikir lagi, Indonesia ini banyak sekali masjid. Mungkin di kelurahan ada anda ada 10 masjid? 5 masjid? Selama saya berpergian (setidaknya di Jawa), belum pernah ga denger azan di jam Sholat. Kebayang kan seberapa rapat nya masjid di negeri kita ini?

Gak mau jalan karena cape? ok ini lumayan agak beralasan..

Inti dari masalah males jalan ke masjid adalah seberapa besar kita mau mengorbankan diri kita untuk ibadah di masjid?

3. Solat di Masjid itu lama

Nah ini yang jadi latar belakang saya nulis artikel ini. Saya males solat di masjid tertentu di waktu tertentu, karena imamnya lamaaaaaaaaa..... Saya kan ada urusan lain.

Secara dalil, jujur saya agak bingung, ada yang bilang imam itu harusnya ringankanlah solat ketika solat berjamaah, lalu ada lagi dalil yang bilang sebaik baiknya solat adalah yang lama berdirinya.. Sebenernya ga bertentangan sih, tapi wallahualam. Saya bukan ustad, jadi no komen lebih lanjut...

Faktanya, solat berjamaah itu ga semuanya lama. Kalau dirata-ratin lebih banyak yang cepetnya ketimbang yang lama nya...

Ini beberapa pola solat berjamaah yang lama atau solat berjamaah yang cepet, menurut pengalaman saya.

Solat Dzuhur - Ashar --> konfirm semua masjid, relatif CEPET
Solat Shubuh, Maghrib, Isya --> masjid yang di gang sempit, pasti CEPET
Solat Shubuh, Maghrib, Isya --> masjid besar: 50:50, tergantung imam
Solat Shubuh, Maghrub, Isya --> ketika imamnya ustad yang biasa ceramah, kemungkinan besar LAMA, gengsi kali ya kalau baca kulhu atau surat2 pendek lainnya
Solat Shubuh, Maghrub, Isya --> ketika imamnya bersuara lantang, dan ngajinya melagu-lagu. Konfirm 100% LAMA, anti kulhu club
Solat Shubuh, Maghrub, Isya --> ketika imamnya tua dan suarnya ga kedengeran, ini CEPET

Dilihat dari pola teori saya itu, yang ngebuat solat berjamaah LAMA itu hanya jika memenuhi kriteria ini:
  • Masjid bukan di gang sempit
  • Imam-nya ustad yang biasa ceramah
  • Imam-nya bersuara lantang
Jadi kalau ga mau solat berjamaah yang LAMA, ya tinggal hindari kriteria tersebut toh? gampang kan? hehe..

Tapi sebenernya yang paling bikin lama itu serangkaian dari Azan sampai selesai solat..

Kalau memang "menghadiri" solat berjamaah sejak dimulai Azan, sampai beres salam, tentu akan terasa lama. kenapa? urutannya begini..

Waktu Azan datang
Azan (3-5 menit)
Menunggu waktu iqomah (5-15 menit)
Sholat berjamaah (5-15 menit)
Perjalanan pergi dan pulang (1 -3 menit)

Jadi kalau ditotalkan, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas solat berjamaah adalah 16 ~ 38 menit

ya itu memang lama! inget, itu hanya jika anda sudah berada di masjid ketika azan..

Untuk awal awal, dan untuk efisiensi, saran saya hanyalah hadiri pas sholat berjamaahnya saja, cuma 5~15 menit kok! tambah perjalanan 2 menit berarti 7~17 menit doang kok! cepet kan?

harusnya anda bisa ngukur waktunya, harusnya udah tau pola pola di masjid dekat rumah anda. harusnya jeda antara waktu Azan dan Iqomah. Kalau udah tau ini, anda bisa optimasi waktu anda ke masjid jadi sangat cepat sekali. enak toh?

Saya juga kadang melakukan hal ini ketika flow pekerjaan lagi tinggi, ngatur2 waktu sehingga di masjid itu hanya melakukan solat berjamaahnya saja, hasilnya cepet banget kok! silahkan anda coba.

==

Wah ga kerasa panjang juga nulis ini.

Intinya kalau anda malas, wajar dong rezeki juga males dateng ke anda?


0 Response to "Bikin Males Solat Berjamaah"

Posting Komentar