My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Punya Kartu Kredit

Saya ga akan bahas soal halal haram kartu kredit ya.. Saya pribadi belum bisa lepas dari kartu kredit, tapi bukan untuk belanja, tapi untuk pembayaran online seperti Google Ads, Facebook Ads, Google Book, Google Play, dan masih banyak lagi.. Oya saya pakai kartu kredit terbitan BNI Syariah, wallahualam halal haramnya ya..

ilustrasi kartu kredit
ilustrasi kartu kredit



Ga semua orang bisa langsung dapet bikin kartu kredit, sarat paling minimal adalah punya penghasilan tetap. Itupun harus melalui tahap pengajuan.. wajar sih karena kartu kredit itu MONSTER kalau kita ga bisa ngaturnya..

Berikut tips menggunakan kartu kredit versi saya:

Bayar per minggu

Saya udah pakai kartu kredit kurang lebih 10 tahun, dan belum pernah sekalipun kena charge bunga. Buat yang belum tau, jika kita membayar pemakaian kartu kredit kita sebelum jatuh tempo (biasanya tengah bulan), kita ga akan kena bunga sama sekali.

Ini wajar sih buat saya, karena saya pakai kartu kredit bukan untuk ngutang, tapi untuk metode pembayaran.. Jadi sebenernya saya punya uang dulu, baru menggunakan. Lalu bagaimana yang berhutang?

Saran saya pastikan anda "ngutang" dengan kartu kredit dengan syarat anda bisa bayar itu maksimal minggu depannya. Jadi misalkan anda gajian tanggal 31, boleh lah gunakan kartu kredit dari tanggal 24, itupun dengan syarat memang ada alokasi dana untuk bayar itu nanti ketika gajian.. Kalau ga ada, mending jangan deh..

Catat Pengeluaran

Transparansi penggunaan kartu kredit itu jelek sekali. Hanya mendapatkan mutasi pemakaian dan pembayaran sebulan sekali, via email. itu pun ada delay! delay yang saya maksud misalkan laporan cetaknya tanggal 21, terkirim email tgl 23, penggunaan di tanggal 22 ga akan tercantum!

Ada cara lain untuk ngecek via SMS Banking, tapi laporannya ga detil. Hanya laporan sisa saldo, jumlah pemakaian, dan terakhir pembayaran.. Dan diantara ketiganya selalu saja ada delay! khususnya soal pembayaran... Entah kenapa kalau pakai kartu kredit, ketika saya cek saldo saya, langsung terpotong, tapi ketika melakukan pembayaran, baru terproses 1-2 hari baru bisa cek ada laporan pembayaran... Mungkin ini memang permainan dari orang kartu kreditnya..

Nah oleh karena itu, jangan percaya 100% dengan laporan auto generated dari SMS Banking.. Mending catat sendiri pengeluaran yang anda lakukan.. Bisa pakai aplikasi dompet yang udah banyak banget, bisa pakai Google Sheet, atau kertas biasa! syaratnya anda harus bisa akses catatan itu kapan saja dan dimana saja.

Jika anda menggunakan kartu kredit dengan kurs asing, pasti akan ada selisih, tapi itu ga akan beda jauh. Jadi mending catet aja dengan kurs saat itu, toh kalaupun anda salah hitung, dan mengakibatkan telat bayar, bunga nya hanya dikalikan dari selisih kesalahan hitung tersebut. Jadi jauh lebih ringan daripada telat bayar penuh... 

Bingung ga sampai sini?

Intinya poin ini adalah CATAT CATAT dan CATAT!

Jangan pakai untuk belanja

Ini tips klasik sih.. Lebih baik ga usah belanja deh kalau ga punya uang, ga usah maksain dengan pakai kartu kredit. Itu artinya ngutang. Ngutang itu ga baik kalau untuk konsumsi.

Lebih baik anda tekan rasa konsumsi anda (gaya hidup), sehingga tidak perlu ngutang.

Hidup saja sesuai kemampuan diri kita sendiri, kalau mau naikkin gaya hidup, naikkin dulu penghasilan lo! baru naikin.. bukan belanja dulu naikin gaya hidup, baru berpikir belakangan soal bayarnya.. Bisa bahaya...

Ingat bunga kartu kredit akan terus mengegerogoti anda jika anda tidak sanggup bayar. Itulah mangapa banyak orang yang STRESS gara gara kartu kredit... Bukan salah si kartu kredit, tapi salah yang menggunakannya, tidak bijak, tidak bisa manaje dengan baik...

===

Ya itu aja tips singkat ini, mudah2an ada faedahnya terima kasih...

0 Response to "Tips Punya Kartu Kredit"

Posting Komentar