My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review buku: Fish! Stephen C. Lundin, Ph.D, dkk

 Buku ini setipe dengan buku Who Moved My Cheese, dan uniknya forewordnya dari orang yang sama, yaitu Ken Blanchard co-author of The One Minute Manager

buku Fish!
buku Fish!


Jadi ini buku ga tebel, ringan, dan isinya cuma cerita.. seperi novel.. tapi dalem banget maknanya.. Serius, ceritanya super simple dan renyah sekali dibaca..

Buku ini menceritakan seorang manager wanita bernama Mary Jane yang baru dimutasikan ke divisi lain, dan di divisi itu dihuni oleh orang orang LIVING DEATH... Alias orang orang yang cemberut terus, ngeluh terus, agresif, kerja alakadarnya, dst.. Bisa dibilang seperti stigma negatif PNS / ASN deh..

Nah si Mary Jane ini suatu saat jalan jalan ke pasar ikan, menemukan suasana di pasar ikan itu hangat dan ceria sekali. Lalu ia berbicara dengan salah satu staff di pasar ikan, dan meminta saran bagaimana caranya untuk menerapkan keceriaan di pasar ikan di timnya si Mary Jane.

Singkat cerita, Mary Jane berhasil menerapkan beberapa prinsip dari pasar ikan ke divisinya dia. Dan divisinya dia menjadi tim yang hangat dan performa baik.

Udah gitu doang ceritanya. simple kan?

Ini prinsip-prinsip yang ada di buku ini supaya kita bisa menjalani pekerjaan kita menjadi lebih baik

Choose Your Attitude

Mau segimanapun beratnya pekerjaan kita, sebagaimanapun beratnya hari yang kita jalani, kita bisa memilih loh! mau senyum atau mengeluh terus? mengeluh artinya ga produktif, dan kalau dibawa senyum akan dekat dengan efektifitas. pilih mana?

Orang yang berlogika jalan, tentu milih senyum dong? Udah mah mengalami hari yang buruk, masa mau ditambah buruk dengan mengeluh setiap saat?

Baca juga artikel ini yang pernah saya buat tentang hal yang sama: https://www.garoblogz.com/2020/04/apa-bedanya-orang-bijaksana-dan-tidak.html

Play

Buatlah pekerjaan jadi menyenangkan! apapun kendala anda di kantor, misalkan ada atasan yang galak, ada teman yang ga asik, ada perseturuan ga habis habis.. Kalau ini dibiarkan hanya membuat diri anda sakit kan? mulailah dengan memaafkan hal hal buruk itu, dan anggap anda BERMAIN sambil bekerja. Karena bekerja itu mengasyikkan.

Sebenernya yang paling tepat untuk bisa membuat suasana BERMAIN di pekerjaan adalah kerjasama antara semua pihak di kantor untuk sepakat membuat suasana kerja jadi mengasyikkan. Anda harus bicara dengan atasan anda, harus biacara dengan rekan anda (yang menyebalkan), dan lain sebagainya...

Make Their Day

Pernah ga anda diberi hadiah oleh orang dan orang itu menjadi "made my day"?

Atau pernah ga anda menonton suatu film, dan membuat hari anda menyenangkan?

Nah ini bisa banget kita dapet di kantor, cara paling gampang dengan membuat customer kita merasa ini adalah harinya mereka. Kalau anda tidak bersinggungan dengan customer, coba kepada rekan kerja anda.

Bisa dengan memberikan hadiah, bisa dengan memberikan senyuman hangat dan tulus, bisa dengan traktir makan. dan masih banyak lagi.

Bayangkan kalau hal hal seperti itu saling terjadi antara rekan kerja.. asik banget kan? anda berusaha membuat hari orang lain jadi asyik, anda juga begitu

Be There

Sadari penuh kehadiran anda... Ketika di kantor, BENAMKAN diri anda memang lagi di kantor. Jangan ada pikiran kemana mana yang ga penting. Kalau bicara dengan orang, arahkan seluruh konsentrasi ke orang tersebut, jangan buat pikiran anda melayang lauyang kemana mana.

Dengan ini anda mengarahkan penuh energi anda di tempat anda, dan bekerja pun menjadi efisien dan efektif


Poin-poin lainnya

  • Work becomes a reward and not just a way to rewards
  • if you want your team to live FISH!, first live it to yourself
  • We don't punish children who don't know how to read. We teach them. Why not do the same with their behaviour?

==

Buku ini menarik, langsung saya praktekkan di kantor saya.
Semua orang pasti pernah jenuh dalam bekerja, tapi kalau anda memilih terus jenuh ya anda ga akan maju maju...
Yuk sama sama praktekkan.

0 Response to "Review buku: Fish! Stephen C. Lundin, Ph.D, dkk"

Posting Komentar