My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Apa bedanya orang bijaksana dan tidak?

Banyak sekali teori tentang kebijaksanaan di luar sana, silahkan anda Googling sendiri ya. Karena saking banyaknya teori, pasti anda bingung kan? ini saya tambahi lagi 1 teori yang super simple, gmn cara nge-tes tingkat kebijaksanaan dari seseorang.

Jadi, kunci seseorang itu bijaksana atau tidak adalah, sepersekian detik antara KEJADIAN dan RESPON.

Kejadian apapun dalam hidup kita, pasti kita respon. Bahkan diam-nya diri kita, itu adalah respon juga bukan?

Dalam sehari kebijaknsaan eratnya dengan kepemimpinan, maka yang membuat seorang pempimpin itu dibilang bijaksana adalah, bagaimana dia merespon segala kejadian yang menimpa dirinya / organisasinya.

Jika kejadian negatif dan respon nya negatif, itu artinya seseorang belum bijaksana. Sebagai contoh: Jika anda melewati suatu jalan, lalu anda di-umpat oleh seseorang , dan anda balik ikut mengumpat orang tersebut, artinya anda belum bijaksana.

Jika kejadian negatif dan responnya positif, nah inilah baru orang bijaksana. Sebagai contoh: Jika anda lewat suatu jalan, lalu ada orang mengumpat "monyet!" kepada anda, dan anda diam tidak membalas karena tau itu hal yang percuma, berarti anda sudah bijaksana menghadapi orang. Tidak ada orang yang tidak disukai semua orang, jadi jika anda tidak disukai seseorang itu wajar sekali, jangan salahkan orang tersebut, tapi salahkan diri sendiri.

Tulisan ini sangat ter-influence oleh ceramah Aa Gym, jadi yang sering denger ceramah Aa Gym pasti pernah denger cerita di atas.

Nah saya punya tips buat melatih kebijaksanaan ini. Caranya paling simpel adalah MENUNDA RESPON! kejadian apapun yang datang ke kita, baik negatif maupun positif, jangan langsung bereaksi, tapi tunda dulu beberapa detik pikirkan baik2 harus merespon seperti apa. Minta petunjuk Allah dengan berdoa, jika sudah mantap barulah merespon. Bahkan sering juga saya mempraktekkan ini dan saya tidak ada respon sama sekali karena kebingungan harus merespon apa. Contohnya ketika datang ucapan selamat ulang taun ke saya, saya sudah lama meninggalkan tradisi ini, tapi ketika ada orang yang mengucapkan itu, kala itu saya diam saja. Tidak bilang terima kasih, tidak juga bilang negatif, just diam saja. hehe

semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa bedanya orang bijaksana dan tidak?"

Posting Komentar