My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Ide Bisnis: Mengurangi Handling Time Minimarket

 Ini lanjutan dari artikel saya yang ini: https://www.garoblogz.com/2020/08/malasanya-belanja-alfamart-indomaret.html

Kemarin saya terpaksa pergi ke Alfamart, sebenernya tujuan utamanya mau ngambil uang ke ATM, tapi yaudah sekalian belanja dan sedikit jajan. Dan bener aja... jengjeng... ngantriiiiii.....

ngantri di Alfamart
ngantri di Alfamart



Saat itu kasirnya udah full speed (2 kasir langsung), padahal biasanya 1 kan melayani pembeli, 1 nya lagi gatau ngapain ngitung2 sesuatu. Udah 2 line, tetep aja lama...

Saya jadi kepikiran untuk bisa bikin bisnis untuk mengoptimasi handling time dari kasir Alfamart atau Indomaret ini. Jika saja 1 orang mengantri 5 menit, dan customer Alfamaret atau Indomaret ada 100 orang saja per hari, berarti ada 500 menit peluang. Mungkin bisa dioptimasikan.

Apa sih yang bikin lama ngantri?

1. Kasir scan barang 1 per 1, jika ada orang yang belanja banyak, maka semakin lama juga antrian.

2. koneksi dan print bon yang lambaaaaaaaaatttttt...pernah liat ga kasir Alfamart/Indomaret yang klik klik di layar trus diem? saya sih sering banget. Trus ngeprint bon juga lamaaa sekaliii...

3. Ada yang beli produk digital. Berkait nomor 2, interface kasir yang lambat, tambah lambat kalau nanganin customer yang beli pulsa, bayar cicilan, bayar internet dan lain sebagainya

4. Pembayaran yang lamban.. Saya liat mau pakai cash, mau pakai e-money, mau pakai debit card, mau pakai credit card, waktu pelayanannya sama aja. sama sama lama... pakai debit card kan harusnya cepet, malah lama karena koneksi (lagi lagi) dan si kasir kudu nulis no kartu kita. Pakai e-money juga lambat, karena (lagi lagi) koneksi. koneksi lagi koneksi lagi. duh...


Dari poin poin tersebut saya kepikiran beberapa ide bisnis yang harusnya dengan skala besar bisa sangat menguntugnkan.

1. Self scanning

Daripada nunggu kasir yang scan scan barang belanjaan kita dan keluar totalan, kenapa ga kita sendiri yang scan barang belanjaan kita? lagi ngantri kan nganggur tuh, kalau scan sendiri jadinya di kasir bisa lebih cepat,hanya melakukan pembayaran saja.

Teknisnya bisa saja pakai smartphone sendiri, tapi butuh usaha extra karena harus install aplikasi, mungkin pelanggan ga akan mau

Atau bisa pakai conveyor belt yang entah gimana caranya bisa otomatis nge-scan seluruh belanjaan kita, dan mengeluarkan struk totalan. Di situ juga udah langsung ada barcode untuk pembayaran pakai e-money. Nah ini bisa jadi solusi banget, tapi kendalanya mungkin space yang bakalan kurang, karena kita tau kan kalau minimarket tempatnya sempit. Untuk masalah teknologinya harusnya ga masalah sih, saya aja yang bukan programmer udah kebayang alurnya.

2. Percepat koneksi internet

Duh ini yang bikin gemes sekali. hampir di setiap minimarket yang saya datangi koneksi internetnya lambat, apa mungkin karena ruangan nya terselimuti kaca ya sehingga sinyal broadband jadi lambat? dengan 5G mungkin bisa jadi solusi

Tapi bisa saja kita buat suatu penguat sinyal di dalam minimarket. atau WiFi gratis yang entah bagaimana caranya hanya bisa digunakan untuk transaksi saja seperti GoPay, OVO, Dana, EDC, dan sistem perkasiran

3. Auto kembalian

harusnya sih memungkinkan kita membuat mesin untuk otomatis mengeluarkan uang kembalian buat si pembeli. Jadi si kasir tinggal input pembeli itu ngasih uang pecahan berapa saja, lalu tekan enter, dan mesin akan otomatis mengeluarkan kembaliannya. harusnya teknologi ini mudah banget untuk diimplementasikan.

Tapi masalah besarnya adalah SDM.. Seberapa disiplin kasir minimarket untuk menaruh uang uang sesuai dengan klasifikasinya? Seberapa disiplin minimarket menyediakan "stok" uang kembalian? 

4. Self service produk digital

Kalau Indomaret saya perhatikan sudah membuat mesin untuk self service beli produk digital, saya rasa itu efektif. Tinggal pencerdasannya aja.

karena menurut saya kalangan yang membeli produk digital via Indomaret itu kalangan intermediete. Dimana extreme atas yang udah melek teknologi ya ngapain beli produk digital via Indomaret mending via HP aja langsung. Dan extreme bawah, yang memang orang belum melek teknologi.

Jadi mesin self service ini hanyalah konjungsi sebelum orang orang semua beralih menggunakan HP mereka masing masing.

Ini perlu dikaji lagi demografinya.

jadi untuk mesin ini tinggal optimasi saja.


==

ya sekian saja pemikiran ini muda2an bisa bermanfaat. siapa atau ada yang berani meng-implementasikan ide saya tersebut saya juga turut senang. Tapi kayanya ada yang udah nyoba deh (belum Googling)

0 Response to "Ide Bisnis: Mengurangi Handling Time Minimarket"

Posting Komentar