My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Wawancara Kerja Untuk Lulusan S1

Saya sudah wawancara ratusan orang untuk masuk ke perusahaan saya, sebagian besar sih lulusan SMA / SMK / sederajat, bisa baca dulu: https://www.garoblogz.com/2020/04/tips-wawancara-kerja-untuk-lulusan-sma.html

Beberapa hari ini baru saja saya mewawancarai ±15 orang lulusan S1, untuk masuk jadi Creative Designer di perusahaan saya. Karena posisi S1 di perusahaan saya hanya kurang dari 3 orang, jadi kalau ditotal total mungkin ada lah saya sudah mewawancarai 50+ lulusan S1.

Di level perusahaan UMKM seperti kami, memperkerjakan lulusan S1 adalah perkara mewah. Itu pun jangan harap bisa meng-hire lulusan ITB / Unpad / UI / ITS. Ga level kali ya buat mereka kerja di perusahaan UMKM..

Jadi tips saya ini mungkin akan relevan buat anda lulusan S1 / D3 universitas selain yang saya sebutkan di atas ya.

berikut tips nya:

Jangan Bohong!

yang mewawancarai anda itu kemungkinan besar lebih berpengalaman dari anda, dan sudah menghadapi orang seperti anda puluhan kali atau ratusan kali. Jadi kalau anda mencoba bohong, itu gampang banget ketauannya.

Yang paling sering saya temukan adalah bohong soal CV nya, di CV nulis apa, di wawancara bilang apa. Ga singkron. Biasanya kalau udah gini, saya sebagai pewawancara udah ga simpati. Wawancara pun jadi ga menarik lagi buat saya

Print out yang dibawa cukup CV saja

Berulang kali saya disodorkan dokumen yang dibawa oleh pelamar kerja, isinya ada KK, KTP, Ijazah, Transkrip, buku nikah, dan macem macem. Udah kaya mau bikin perizinan. hadohh... Jujur saya ga pernah baca itu semua, ga pernah lihat dengan detil.

Kalau anda sudah masuk wawancara berarti si perusahaan ga perlu lagi tau anda lulusan mana, KK anda seperti apa, KTP anda, apalagi transkrip anda.

Saya gatau ya di perusahaan lain, tapi di perusahaan saya dan di beberapa perusahaan lain sepengamatan saya, transkrip atau IP itu udah ga penting banget. Mungkin beda kalau mau masuk jadi PNS kali ya

Jadi saran saya, cukup bawa CV saja yang informatif. Jangan panjang panjang, ini bukan mengumpulkan tugas mengarang. Saran saya cukup 1 halaman saja, lalu halaman selanjutnya adalah portfolio anda (jika ada).

Maksud saya portfolio adalah seperti karya yang pernah anda buat, bukti prestasi anda, bukti bahwa anda jago, dan sejenisnya

Buang jauh jauh kata kata gombal

Ini kayanya agak bingung buat anda. Intinya saya udah kemungkinan besar menolak orang orang yang  bilang hal hal seperti:

  • saya pekerja keras
  • bisa bekerja dengan tim
  • saya perfeksionis
  • siap mengabdi untuk perusahaan
duh itu basi banget. Saya akan sangat respek kalau ada yang memberikan jawaban jawaban transaksional dibanding pernyataan pernyataan di atas. contohnya:
  • Saya pelajari pekerjaan ini di kuliah
  • Skripsi saya tentang ini
  • Saya butuh pekerjaan ini
  • Saya siap dicoba dulu
Jadi intinya janganlah gombal dengan kata kata mutiara, sebenernya ini balik lagi ke poin pertama, jangan bohong. Be yourself, dan jika memang anda punya kelebihan nyata untuk perusahana yang mau dilamar, katakanlah apa adanya, tidak dilebih lebihkan

==

ya itu saja tips singkat untuk wawancara lulusan S1 di perusahaan level UMKM. mudah mudahan bermanfaat.

0 Response to "Tips Wawancara Kerja Untuk Lulusan S1"

Posting Komentar