My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Bisnis Online versus Bisnis Offline?

Topik ini sudah sempat saya bahas sedikit di sini: https://www.garoblogz.com/2020/05/beda-pemasaran-luring-dengan-bisnis.html

Pada hakekatnya, bisnis offline dan bisnis online kedepannya itu sama saja. Yang memebdakan saat ini hanyalah yang satu menggunakan media online (daring), yang satu lagi menggunakan media offline (luring). Tapi apakah pebisnis offline tidak punya media online? apakah pebisnis online tidak bisa jualan offline? bukankah kita semua tidak bisa hidup tanpa internet?

Zaman sekarang, ojek aja ada online-nya. Padahal kan core bisnisnya (nganter orang) adalah tindakan offline. Apa mungkin orang pindah tempat melalui jaringan internet? saat ini belum mungkin

Sekarang toko online terkadang memiliki kantor yang lebih besar dari pada toko offline, karyawan yang lebih banyak daripada karyawan toko offline. Apakah pergerakan manusia di kantor tersebut termasuk pergerakan online? ya tentu tidak, karena fisiknya ada, gerakannya ada kasat mata, jadi offline juga toh?

Penjual baso keliling sekarang bisa update status WA, untuk ngasih tau kalau dia lagi di komplek mana, lagi daerah mana. Jadi customer loyal dari abang tukang baso ini tau, kalau sudah dekat, bisa dipanggil deh abang bakso nya. Jadi tukang baso ini jualan offline atau online?

Itulah mengapa saya bilang di atas bahwa bisnis online dan offline itu sama saja.

Tapi ada loh orang yang masih belum tersentuh dunia online, misalkan tukang sol sepatu keliling, penjual di pasar, tukang delman, dan lain sebagainya.

Yang jelas, orang yang mendeklarasikan dirinya berbisnis online, pasti ada aktifitas offlinenya. Sedangkan orang yang mengaku berbisnis offline, bisa saja tidak memiliki media online. Tapi seberapa banyak sih orang yang ga pernah memiliki media online? saya rasa sedikit sekali

Yang jadi masalah adalah orang yang sudah mengerti dan menggunakan tentang media online, tapi tidak menggunakan media tersebut untuk kelangsungan bisnisnya. Seperti contoh abang tukang bakso yang update status WA di atas, kan bagus banget bukan? ga susah kan?

Saya mengajak anda semua yang baca artikel ini, yuk genjot kenalan anda yang belum "melek" pentingnya menggunakan media online dalam berdagang, berbisnis, mencari klien, atau apapun itu. Metode paling simple adalah update di social media masing masing. Lagi jualan update, lagi beli bahan baku update, lagi ada diskon update, dan seterusnya. Apakah efektfi? ga tau, tapi kalau ga dicoba berarti kita ga akan pernah tau kan?


0 Response to "Bisnis Online versus Bisnis Offline?"

Posting Komentar