My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Siapa Marketplace yang akan Menang?

Tokopedia? Lazada? Shopee? Bukalapak? jd.id? atau ada yang baru?

Logo Marketplace di Indonesia
Logo Marketplace di Indonesia

mereka semua tukang bakar bakar uang setidaknya kurang dari 10 tahun ke belakang. gunanya apa bakar bakar uang? paling fundamental kita  bisa jawab ya untuk mendapatkan penjualan, tapi faktanya mereka bakar bakar uang untuk bisa muncul siapa pemenang di antara mereka. itu aja. Dan harus ada yang kalah, atau bangkrut, karena jika tidak, pertarungan ini tidak akan pernah berakhir, dan selamanya mereka bisa bisa merugi.

Saya berjualan di semua platform tersebut. Jujur saja penjualan saya paling banyak itu dari Shopee. yang kedua dari Tokopedia, Lazada, baru Bukalapak. Jd.id saya ga buka, marketplace marketplace lainnnya tidak saya buka.

Saya akan bahas dari pengalaman saya sudah kurang lebih 8 tahun "main" dengan marketplace ya.

Awal saya jualan di Marketplace, penjualan saya terbayak di Tokopedia, Bukalapak, Lazada. Shopee blm ada kala itu

2 tahun berjalan, Lazada jadi yang paling laku, disusul Shopee, Tokopedia dan Bukalapak

Sekarang: Shopee --> Tokopedia --> Lazada --> Bukalapak

Bisa diliat dari 3 fase tersebut Shopee Tokopedia dan Lazada ganti gantian menjadi tempat terlaris saya jual. Sedangkan bukalapak selalu yang terakhir!

Jadi jika kembali ke judul, jujur saya tidak terlalu yakin siapa yang akan menang dinatara mereka. Tapi kalau ditanya siapa yang akan kalah? jawaban saya: BUKALAPAK akan tumbang duluan. kenapa?

Penjualan Sepi

ini mah udah pasti ya, beberapa kawan saya yang jualan di Bukalapak ini mengaku sepi juga dibandingkan marketplace lain.

Fitur inventory jelek sekali!

ini saya gemes dan sebel dengan Bukalapak, sistem inventorynya masih ngaco! masa harus update manual? ya memang untuk seller seller kecil mereka masih manual, karnea mungkin hanya mengelola kurang dari 50 sku. Kami mengelola 500 SKU! kalau manual bisa gempor. Dan seller2 kecil tersebut kan berniat untuk jadi besar, dan pasti mikir pengelolaan sistem inventory yang otomatis. Tp Bukalapak ini malah ga benerin si sistem inventory ini.

Website dibuka lambat

Saya jarang sekali buka Apps nya Bukalapak, tapi kalau website hampir tiap hari. Dan ini lambat banget, loadingnya pun cuma pakai garis yang jalan dari kiri ke kanan, ga keliata garisnya woy! padahal simple buat muter2 aja di logo favicon nya. duh gemes deh


Duh maaf ya buat Bukalapak saya kritik dengan pedas seperti ini.. Jadi kesimpulannya jika tidak ada PIVOT dari Bukalapak, saya yakin dalam waktu dekat Bukalapak akan mati.

0 Response to "Siapa Marketplace yang akan Menang?"

Posting Komentar