My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku: The Great Shifting - Rhenald Kasali

Buku ini adalah lanjutan dari buku sebelumnya yang: DISRUPTION. Keren banget emang ini om Rhenald Kasali, saya tiba tiba jadi fans nya dia, pengenlah nanti kapan kapan main/gabung di Rumah Perubahan.

buku The Great Shifting - Rhenald Kasali
buku The Great Shifting - Rhenald Kasali

Spesifik dengan buku ini, sebenernya saya ga begitu aneh karena apa yang dibahas di buku The Great Shifting ini kurang lebih sama dengan apa yang di bahas di buku Homo Deus, reviewnya bisa baca di sini: Review Buku: Homo Deus - Yuval Noah Harari

ok ini beberapa poin penting yang bisa saya bagikan tentang buku The Great Shiftin - Rhenald Kasali:

Sunk-cost Trap

Ini adalah istilah jika suatu perusahaan "mau dibuang sayang", dan ini benar benar jadi jebakan untuk para pengusaha, tidak sedikit pengusaha yang bingung antara "menenggelamkan" perusahaannya atau mencoba ngebenerin, dan keduanya sama sama rugi jika dilakukan. Oleh karenanya dibutuhkan mindset SHIFTING untuk perusahaan yang terkena Sun-cost Trap ini.

Success Trap

Sukses pada masa lalu membuat kita memiliki paradigma bahwa keberhasilan di masa lalu adalah jaminan sukses di masa depan. iya gitu? faktanya tidak! Zaman terus berubah, hanya yang adaptif lah yang bisa sukses, dan metode lama SANGAT MUNGKIN tidak relevan dengan kondisi saat ini.

Competency Trap

Perusahaan yang terperosok ke perangkap ini adalah yang lalau mengalokasikan anggaran untuk mengembangkan kompetensi lain, yang bahkan bisa saja bukan CORE BISNIS nya selama ini, asalkan menyesuakna dengan zaman.

Blame Trap

Nah ini trap yang sering saya denger di lapangan. Menayalahkan pasar! padahal pasar tidak pernah salah. Jebakan ini hanya membuat suatu organisasi atau perusahaan malah malas untuk berbenah, dan berharap keadaan seperti yang mereka inginkan.

Human needs atau Human wants?

Bisnis yang panjang itu menurut buku ini adalah yang memenuhi human needs bukan human wants. Sejujurnya ini saya kurang sepakat, memang benar perusahaan perusahaan tua dan stabil saat ini adalah perusahaan FMCG (daily needs), tapi bukan berarti yang memenuhi permintaan human wants tidak bisa panjang juga kan? Saya belum nemu contohnya sih perusahaan apa yang "berlandaskan" human wants yang bisa tanding dengan Indofood, Wings, Unilever, P&G, dst. Tapi feeling saya bilang human wants juga pasar yang sangat menjanjikan, cuma bingung aja mau ngejelasinnya. hehe

Marketing Gamification

Gamification itu terjemahan bebasnya adalah membuat suatu sistem yang membuat orang atau user merasa seru dan terlibat dalam sistem tersebut, seakan akan seperti sedang bermain game. Di buku ini dijelaskan beberapa marketing gamification yang keren2, dan Insya Allah saya mau menerapkan ini di bisnis saya.

Karyawan temporary saat bulan puasa

Bisnis saya adalah bisnis baju muslim yang akan melonjak tinggi sekali ketika menjelang bulan puasa. Sebelum saya baca buku ini, saya berpikir linear gmn caranya menghadapi permintaan yang tinggi tapi dengan SDM yang sama sepanjang tahun. Saya tahu ada solusi untuk nyari karyawan sementara pas lebaran aja. Tapi ada beberapa pertanyaan, sistem rekrutmen nya seperti apa? apakah banyak orang mencari pekerjaan menjelang lebaran? apakah ini etis?

ternyata perusahaan sekelas JNE pun menghadapi hal yang sama, menurut buku ini, JNE menambahan ±500 orang karyawan menjelang lebaran. wow! berarti ada 500 orang nganggur menjelang lebaran, dan JNE bisa menjaring itu.

Maka saya optimis untuk membuat sistem perekrutan khusus untuk lebaran saja. Daripada harus "melihara" pegawai sepanjang tahun dengan jumlah yang berlebih

Perusahaan besar dan bertahan = shifting berkali-kali

IBM itu dulunya penjual alat pemotong roti dan keju, Nokia dulu pertama kali perusahaan kertas, Hasbro awalnya adalah berjualan kain percah, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Makannya saya jadi berpikir untuk tidak terus menerus berjualan baju muslim.

Eh iya contoh perusahaan lokalnya adalah Astra, dulu hanya ada Astra Toyota dan Astra Daihatsu, sekarang bisnis Astra ada dimana mana. Tapi Astra ini menurut Rhenald Kasali hanya sebatas shifting produk saja belum shifting platform, alias hanya ekspansi "biasa aja"

==

Ya sekian poin penting dari buku The Great Shifting - Rhenald Kasali, jujur masih banyak banget hal hal keren yang ada di buku ini, tapi karena saya udah tau dan tujuan nulis blog ini sebenarnya dokumentasi pribadi, jadi saya tidak tulis di postingan ini. Maka saya rekomendasikan anda untuk beli buku ini ya.

0 Response to "Review Buku: The Great Shifting - Rhenald Kasali"

Posting Komentar