My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Renovasi Rumah itu Mahal

Saya baru banget ngerenovasi rumah (ngontrak) saya, saya buat ruangan khusus saya kerja. Karena belakangan saya sering sekali diganggu oleh anak saya ketika kerja, jadi saya butuh ruangan khusus untuk kerja. Per artikel ini ditulis, saya baru beres banget ngeberesin ruangan kerja saya ini.

ruang tamu terbagi 2 bagian untuk ruang kerja
ruang tamu terbagi 2 bagian untuk ruang kerja


Yang mau saya bahas sebenernya tentang biaya renovasi rumah, rombak rumah, atau modifikasi rumah. Saya itu hanya ngebelah ruang tamu saya menjadi 2 bagian, dan menghabiskan nyaris 4 juta rupiah! mahal atau murah?

Awalnya saya mikir, ah gitu doang paling habis 1 jutaan. eh ternyata bengkak sampai 4 juta rupiah. Setelah ditelusuri, ini memang harga wajar. Material untuk bikin ruangan saya ini habis sekitar kurang dari 2jt, yang terdiri dari baja ringan, gypsum, cat, pintu, dlsb. Sedangkan jasanya, 2 juta lebih dikit. Jadi jasa emang lebih mahal daripada bahan bangunannya.

Mungkin ini hanya berlaku untuk proyek kecil kaya gini kali ya, proyek saya ini hanya menghabiskan waktu 3 hari doang.

Gimana caranya kalau mau murah? kerjain sendiri! ini solusi paling bener kalau mau murah. Proyek saya ini dikerjakan oleh 3 orang tukang, dan hasilnya professional alias ya standar tukang lah. Kalau saya kerjain sendiri, tentu bisa bisa aja, tapi apakah hasilnya bisa bagus? pasti banyak mencang mencong hasilnya.

Lalu, kalau kerjain sendiri apakah bisa selesai dalam 3 hari? ga mungkin! paling cepet juga 1 minggu.

Jadi intinya saya mau ngasih tau ke temen temen smua, modif rumah itu ga murah, pekerjaan yang kita lihat sederhana, bisa saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

0 Response to "Renovasi Rumah itu Mahal"

Posting Komentar