My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku The 21 Irrefutable Laws of Leadership - John C Maxwell

Ini buku keren banget, praktikal banget buat siapapun yang mau jadi pemimpin. Isinya keren covernya juga keren, jadi don't judge a book by its cover? 

Total halaman kurang lebih 300 halaman, spacing standar. Saya lahap dalam waktu 3 hari.

Bahasa terjemahan enak, ga ada misleading persepsi.

mungkini ini buku terbaik yang pernah saya baca di 2020. Tapi in kan baru bulan Maret? hehe

Intinya buku ini menjabarkan hal hal yang harus dimilili oleh seorang pemimpin yang baik. Pemimpin skala kecil maupun skala besar sangat bisa mengacu ke hukum2 ini. Total hukum yang harus dimiliki oleh pemimpin ini ada 21 buah, tapi sang penulis ngasih catatan: seorang pemimpin tidak mungkin bagus dari seluruh 21 poin tersebut, makannya pemimpin butuh partner.

Review Buku The 21 Irrefutable Laws of Leadership - John C Maxwell
Review Buku The 21 Irrefutable Laws of Leadership - John C Maxwell


Ok langsung saja hal hal yang saya bisa rangkum tentang buku ini

1. Hukum Katup

Seorang pemimpin harus bisa meningkatakan efektifitas orang yang ia pimpin. Dengan adanya sang pemimpin, sang bawahan bisa bekerja lebih baik dan memberikan hasil yang lebih kepada organisasi. Makannya banyak sekali orang bilang, kalau mau mengubah organisasi menjadi lebih baik ya ubahlah pemimpinnya. Karena pemimpin ini sentral sekali posisinya di suatu organisasi.

2. Hukum Pengaruh

Pemimpin yang ga bisa memengaruhi anak buahnya itu sama saja bohong, ya ga? buat apa jadi pemimpin kalau begitu.

Memengaruhi orang itu bisa banyak faktornya, karena segan, karena jabatan, karena respek, dan masih banyak lagi. Pemimpin harus memiliki faktor faktor tersebut.

Perbedaan kentara antara manajer dan pemimpin adalah: pemimpin itu memengaruhi orang untuk mengikuti, sementara manajer hanya fokus ke sistem agar berjalan sesuai rencana.

Cara paling mudah mencari pemimpin terbaik dalam memengaruhi orang adalah carilah ogranisasi nirlaba, atau pergerakan masyarakat yang sukarela. Contohlah pemimpin di organisasi tersebut, bagaimana caranya dia bisa memimpin dan memengaruhi orang lain tanpa memberikan imbalan apapun.

3. Hukum Proses

Jangan berharap diri anda menjadi pemimpin hebat dalam waktu singkat. Sebutkan pemimpin hebat yang anda ketahui! semua nama tersebut mendaptkan skill kepemimpinannya bukan dalam wakti singkat. Perlu bertahun tahun.

Nah karena ini proses berkelanjutan, makannya harus anda mulai dari sekarang juga! setiap hari setiap saat belajar menjadi pemimpin yang baik.

Salah dalam memimpin itu wajar sekali, kan namanya juga proses.

4. Hukum Navigasi

Semura orang bisa mengemudikan kapal, tapi hanya pemimpin yang bisa menentukan arahnya.

Kalau ada memimpin orang banyak tapi ga tau mau bergerak ke mana, itu namanya pemimpin yang buruk sekali. Pemimpin harus mempunya penglihatan jauh kedepan sehingga bisa membawa bawahannya menuju arahan tersebut.

Terkadang arah tersebut bisa berganti ganti dengan cepat sekali, maka jangan takut berubah! jika memang arah yang diubah menjadi lebih baik untuk kepentingan bersama, ya laksanakanlah, meskipun banyak yang harus kita korbankan.

5. Hukum Nilai Tambah

Dasar kepemimpinan adalah bukan bagaimana kita bisa memajukan diri sendiri, tapi bagaimana kita bisa memajukan orang lain. Jadi keberadaan pemimpin haruslah memberikan nilai lebih bagi orang yang dipimpinnya, dalam hal apapun.

6. Hukum Landasan yang Mantab

Maksud landasan di sini adalah kepercayaan. Anda sebegai pemimpin harus mencari orang yang bisa anda percayai, percuma saja jika anda memimpin orang yang tidak anda percayai. Ini berlaku sebaliknya, anda harus bisa dipercayai oleh bawahan anda. Tepati janji, jangan asal bicara.

Membangun kepercayaan itu bukan dengan kata kata, tapi dengan hasil pencapaian, integritas, dan penghormatan yang tulus ke orang yang anda pimpin.

Orang orang akan menoleransi kesalahan yang jujur, tetapi jika melanggar kepercayaan, akan sulit untuk mendapatkannya itu kembali.

Gmn cara ngukur kepercayaan bawahan terhadap kita? tanyakan ini pada diri anda sendiri:

  • Apa bawahan memberikan opini kritik yang negatif kepada anda?
  • Apa bawahan memberikan juga kabar buruk, bukan hanya kabar baik?

Jika jawaban pertanyaan tersebut "iya", berarti bawahan anda mau terbuka kepada anda, dan percaya kepada anda

7. Hukum Respek

Orang orang mengikuti pemimpin yang lebih kuat daripada diri mereka! ini super simple. Jadikanlah diri anda lebih baik dalam hal apapun daripada bawahan anda, niscaya dengan sendirinya bawahan anda mengiktui anda. karena mereka respek terhadap kemampuan anda.

Saat seseorang berhasil memimpin tim hingga sukses, anggota tim yakin mereka bisa mengulang kesuksesan lagi, hasilnya orang orang mengikuti mereka karena igngin menjadi bagian kesuksesan di masa depan.

8. Hukum Intuisi

Intuisi itu bisa dilatih melalui pengalaman. Intuisi dalam hal apapun sangat bisa dilatih, baca: buku Blink - Malcolm Gladwell

Faktor utama untuk melatih intuisi seorang pemimpin adalah pengalaman, oleh karenanya cobalah terus hal baru agar pengalaman anda terus bertambah dan bertambah.

9. Hukum Daya Tarik

Anda akan menarik orang yang sesuai dengan kualitas diri anda. Jika anda seorang programmer hebat, kemungkinan besar orang yang akan anda pimpin adalah programmer juga. Jadi kenali diri anda, dan carilah orang yang akan anda pimpin yang akan menghargai kualitas kelebihan diri anda.

10. Hukum Hubungan

Pemimpin adalah penyalur harapan, saat anda memberi orang lain harapan, anda memberi mereka masa depan. Jalinlah hubungan yang baik dengan tim anda, maka mereka akan mempercayai harapan yang anda berikan.

Untuk memimpin diri sendiri, gunakanlah kepala anda. untuk memimpin orang lain, gunakanlah hati anda. Selalu sentuhlah hati seseorang sebelum anda meminta bantuannya.

11. Hukum Lingkaran Dalam

Lingkaran ini maksudnya adalah tim terdekat anda sebagai pemimpin.
"Anda bisa melakukan yang tidak dapat saya lakukan. Saya dapat melakukan yang tidak bisa Anda lakukan. Bersama kita melakukan hal hal besar." - Bunda Teresa
Tim terdekat anda haruslah orang yang komplementer dari anda, melengkapi kekurangan anda. Simple nya gini, dari 21 poin hukum kepimpinan ini, mana poin terkuat anda, dan cari lah lingkaran pertama anda yang memiliki kekuatan di poin kelemahan anda.

12. Hukum Pemberdayaan

Berdayakanlah tim anda, karena itu artinya anda membesarkan diri anda sendiri.

13. Hukum Keteladanan

Orang orang melakukan apa yang mereka lihat. Akan sangat fatal sekali jika anda memiliki integritas rendah. Maksud integritas rendah adalah anda sendiri tidak melakukan peraturan yang anda berlakukan.

Jika anda memiliki integritas tinggi, tentu bawahan anda akan melihat anda sebagai pemimpin yang baik yang patut dicontoh.

Jadilah teladan yang baik buat bawahan anda. Jika anda ingin bawahan anda tidak terlambat ke kantor, jangan sekalipun anda contohkan dengan datang telat ke kantor. Dan seterusnya.

14. Hukum Kepercayaan

Orang orang mempercayai terlebih dahulu pemimpinnya baru visinya.

15. Hukum Kemenangan

Pemimpin itu harus gila menang! harus menemukan cara agar tim bisa menang!

Kemenangan hanya bisa digapai oleh tim yang kuat, dan pemimpin yang kuat. Jika memang anda pemimpin yang kuat dalam segala bidang, jangan mengabaikan pentingnya anggota lain dalam tim anda.

Komitmen pemimpin harus lebih tinggi dari pada anggota tim, hasrat pemimpin harus lebih tinggi daripada anggota tim, dedikasi juga harus lebih tinggi.

16. Hukum Momentum Besar

Momentum sangat penting sekali, tetapi sangat susah sekali ditemukan. Pemimpin yang hebat harus bisa melihat momentum yang datang, dan segera memanfaatkan momentum tersebut dengan cepat dan tepat.

17. Hukum Prioritas

Sibuk itu tidak sama dengan produktif! Pada umumnya orang merasa lebih berprestasi ketika mereka lebih sibuk! ternyata tidak. Tidak ada orang sibuk, yang ada hanyalah persoalan prioritas.

Jika anda melakukan hal yan tidak penting, segera singkirkan. Jika anda mengerjakan hal penting, tapi tidak perlu ada anda di situ, cobalah untuk delegasikan pekerjaan tersebut.

Hukum prioritas ini musuh bagi orang yang perfeksionis. Buk ini bilang jika pekerjaan yang biasa anda kerjakan dan didelegasikan ke orang lain hasilnya 80% sama baiknya jika anda kerjakan sendiri, maka delegasikanlah pekeraan tersebut tanpa harus "cerewet" agar kualitasnya menjadi 100%.

18. Hukum Pengorbanan

Pemimpin yang tidak mau berkorban namanya pemimpin egois, karena mementingkan diri sendiri dibandingkan dengan kepentingan organisasi.

Tiada kesuksesan tanpa pengorbanan, dalam hal apapun. Tiap orang yang pernah meraih sukses dalam bidang apapun, pasti telah berkorban demi meraihnya.

Semakin derajat kepemimpinan anda naik, semakin besar tanggung jawab anda, dan semakin kecil hak yang seharusnya anda tuntut.

hak dan kewajiban pemimpin seiring drajat si pemimpin
hak dan kewajiban pemimpin seiring drajat si pemimpin

Apa yang menjadi keberhasilan saat ini adalah ancaman terbesar bagi keberhasilan esok. Karena merasa cara yang dilakukan sudah benar, sehingga organisasi tidak mau berkorban hal lain untuk mendapatkan keberhasilan selanjutnya.

19. Hukum Ketepatan Waktu

Se-baca saya, ini sangat mirip dengan Hukum no 16: Momentum. Jadi tidak akan saya rangkum

20. Hukum Pertumbuhan Eksplosif

Alaminya, pemimpin baik itu bukan tipe orang yang sabar. Pemimpin ingin semuanya serba cepat, sehinga bisa melihat visi mereka terwujud. Pemimpin senang dengan kemajuan.

kembangkan oorang orang terbaik, pemimpin pemimpin terbaik di sekitar anda, karena lingkaran anda tersebut akan memimpin orang lainnya.

Dengan skema ini, diharapkan kemajuan yang digapai adalah kemajuan yang exponensial atau yang explosif.

pemimpin mengembangkan pemimpin
pemimpin mengembangkan pemimpin
Tapi ini tidak mudah sama sekali, pemimpin itu sulit ditemukan. Cara paling mudah menemukan pemimpin adalah pemimpin seperti burung Elang, mereka tidak berkelompok.

21. Hukum Warisan

Jika ingin melihat baik tidaknya seseorang, lihatah tingkah laku cucunya. Karena ini indikasi bagaiman orang orang yang anda pilih (anak anda) mempu meneruskan hal hal yang anda ajarkan.

Intinya maksud warisan di sini bukan warisan harta loh ya. Tapi turun dari puncak kepemimpinan dan memberika kepemimpinan tersebut kepada orang lain, dan organisasi tersebut haruslah minimal sama baiknya dengan ketika dipimpin oleh anda. Ini susah sekali. Banyak pemimpin perusahaan yang berpikir dia akan menjadi CEO seumur hidupnya. Ini bukti kegagalan dia untuk mendidik pemimpin baru.

==

ya sekian saja rangkuman saya soal buku The 21 Irrefutable Laws of Leadership ini. Saya sangat merkomendasikan buku ini buat siapapun yang memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin!

0 Response to "Review Buku The 21 Irrefutable Laws of Leadership - John C Maxwell"

Posting Komentar