Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Konsisten Baca Buku

Alhamdulillah sudah 4 bulan ini saya konsisten baca buku, per artikel ini ditulis target harian saya adalah 70 halaman per hari. nah gimana caranya?? ini tips dari saya supaya bisa konsisten baca buku:

1. Tentukan target per hari

Ini penting sekali, anda harus bisa menentukan target anda mau baca berapa halaman per hari? saran saya dimulai dengan 30 halaman per hari selama sebulan, lalu bulan depannya naik lg jadi 40 halaman per hari, dst dst. Ini sebenrnya tergantung dari seberapa banyak buku "pending" yang belum anda baca, kebetulan kalau saya gara-gara kalap waktu dateng ke pameran buku, buku yang "pending" per bulan Agusutus 2019 itu sekitar ada ±10 buku. he he

tandai target halaman baca buku per harinya
tandai target halaman baca buku per harinya


Nah setiap harinya, anda harus tandai target halaman anda, gunakan sticky notes atau sign here akan sangat membantu.

2. Skimming super cepat

Ini trik yang namanya baca cepat (silahkan bisa googling), yang intinya sebelum mulai baca buku per hari anda bulak balikkan halaman  buku anda sampai TARGET HALAMAN anda. Tidak perlu dibaca, hanya skimming super cepat. Saran saya maksimal per halaman itu 2 detik saja. Setelah itu bacalah seperti biasa buku anda dicicil sehingga per hari mencapai target anda.

Apa gunanya? ah ga percaya!

Jadi ini gunanya untuk memasukkan text text yang ada di buku anda ke pikiran bawah sadar anda. Sehingga ketika anda mulai membaca normal, anda akan mudah faham. Percayalah ini works di saya.

3. Cicil, Gunakan waktu waktu peralihan

Katakanlah anda menargetkan 50 halaman per hari, nah di dalam 1 hari pun cicil lah bacaan anda. Misalkan 10 halaman per baca, atau 5 halaman per baca, terserah anda. Karena ini nyicil, maka gunakanlah waktu peralihan aktivitas anda untuk membaca buku. Artinya setiap anda akan beralih dari aktivitas A ke aktivitas B, di antaranya isilah dengan baca buku 5-10 halaman. Dengan demikian, buku yang anda baca memang perlu anda bawa setiap saat.

contoh waktu-waktu peralihan yang biasa saya gunakan:

  • selesai ibadah shalat Subuh
  • sesampai di kantor (sebelum mulai jam kerja)
  • sambil menunggu pesanan makan siang
  • sepulang dari sahalat Dzuhur
  • sepulang dari shalat Ashar
  • sebelum pulang dari kantor
  • setelah mandi sore/malam


4. Paksakan diri

Nah ketiga tips di atas percuma aja kalau tidak dipaksakan, perlu motivasi yang kuat agar ini bisa jadi kebiasaan. PAKSAKAN DIRI ANDA! sungguh semakin banyak baca buku, semakin meningkatlah kualitas hidup seseorang

0 Response to "Tips Konsisten Baca Buku"

Posting Komentar