" " Bikin SIM KTP luar Bandung | GAROBLOGZ inline_google_font_css example
Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Bikin SIM KTP luar Bandung

artikel ini ditulis tanggal 01 November 2016, jadi kalau anda membaca setelah tanggal itu, mungkin sudah ada perubahan peraturan.
Bikin SIM KTP luar Bandung


Jadi gini, pagi ini saya nganterin pegawai saya untuk bikin SIM C, tujuannya supaya dia bisa beli bahan-bahan produksi untuk Baju Yuli, jadi saya gak perlu direpotin lagi pergi kesana kemari. Sehari sebelumnya saya udah googling dulu apakah bisa bikin SIM menggunakan KTP luar kota? Setelah googling, saya berkesimpulan, buat SIM di Bandung menggunakan KTP luar Bandung itu bisa dilakukan, asalkan KTP nya e-KTP. hmm... logis juga, toh sistemnya udah e-KTP kok, kenapa nggak bisa bikin SIM di luar kota? o ya, pegawai saya KTP Madiun.


Kami pun pergi berdua naek motor ke Polrestabes Bandung di Jl. Merdeka. Karena saya tau kalau mau bikin SIM harus medical check-up dulu, dan saya juga tau ada klinik medcheck deket situ di Gg. Nias (deket Tridaya Nias), makannya saya langsung saja ke klinik, gak pake memastikan dulu ke Polrestabes apakah bisa buat SIM dengan KTP Madiun?.

Nyampe klinik, wah ngantri ternyata, emang klinik ini selalu rame setiap hari sama yang medical check-up orang yang mau bikin SIM. Yasudah, saya putuskan untuk nyuruh pegawai saya ngantri, dan saya ngacir ke Polrestabes untuk nyari informasi.

Ternyata polrestabes Bandung lagi direnov, jadi jalan agak jauh dikit lagi ke dalem. Nyampe lokasi langsung saya tanya petugas, eh nyatanya ternyata........ Bikin SIM di Bandung menggunakan KTP luar Bandung itu TIDAK BISA, alias bikin SIM itu harus menggunakan KTP tempat asal, tidak bisa menggunakan KTP luar kota, meskipun sudah e-KTP. Yang bisa hanyalah memperpanjang SIM menggunakan KTP luar Bandung atau luar kota.

Gimana kalau nembak? bisa tapi mahal bangeuuuttt... tadi ada yang nawarin 800rb, tapi SIM Cimahi. Jelas mahal karena nembaknya adalah nembak KTP dan nembak SIM.

waduhhhh.......... percuma deh pagi pagi jauh jauh ke Polrestabes dan hasilnya nihil. Untungnya si pegawai saya gak jadi medical check-up, karena dokternya bilang kalau KTP luar gak bisa. Jadi gak ngeluarin duit secara percuma.

Pelajaran yang bisa diambil atau yang perlu direnungi:


  • Googling-lah dengan teliti, karena Google hanya menyajikan tidak mengurusi keakuratan informasi
  • e-KTP gunanya apa ya? megaproyek yang menyebalkan
  • bikin SIM tidak bisa menggunakan KTP luar kota, kalau perpanjang bisa. Jadi kalau mau ngerantau, bikin SIM dulu di kampung ya, supaya gak bengkak biaya.