My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Susahnya Belajar TOEFL

Udah lama gak nulis beneran di blog ini. asli kangen nulis. 6 bulan ke belakang hanya posting tentang per-TOEFL-an yang sebagian besar adalah speech-to-text..

Latihan TOEFL itu asli susah... buat saya.

Yang paling menakutkan buat saya dalah reading. ampun dah baca soal reading, kadang bingung kudu pilih jawaban yang mana.. kadang bingung ini passage nya apaan sih..

Yang kedua paling bikin saya takut adalah speaking. Dan 3 bulan kebelakang ini yang paling saya "drill".. karena latihannya cepet, beda sama reading, kalau mau latihan harus minimal nyelotin waktu 1 jam. Kalau speaking, 20 menit latihan soal juga beres.. tapi ya Allah score saya masih di bawah harapan..

Baru saja saya beli soal test dari TOEFL GO, yang officialnya ETS. Soal test speaking ya, jadi kita bisa jawab langsung via HP, dan nilainya langsung keluar 15 menti kemudian..

Yang bikin nyesek adalah... Dari pembelian pack test sebelumnya nilai saya tidak ada perubahan!!! pack test pertama dibeli 2 bulanan lalu, saya dapet score 22/30.. barusan, setelah latihan intensif, score saya tetep 22/30!! padahal target saya gak muluk2, cukup 25/30 saja. Subhanallah...

Ya mungkin ini lagi jenuh aja. Orang lain banyak yang bisa kok TOEFL di atas 100... saya kalau dikumpul2 dan dirata2in, cuma dapet 94. duh selisih 6 poin aja..

TOEFL ini hanya secuil rintaangan sebelum sekolah ke luar negeri.. Habis ini ada GMAT, yang katanya jauh lebih susah. habis itu bikin essay menyesuaikan permintaan kampus yang dituju.. abis itu kalau diterima atau bisa paralel, nyari beasiswa.. gak mudah.. makan waktu.. bismillah. semua ini proses.

Cimahi... 2023-06-10

0 Response to "Susahnya Belajar TOEFL"

Posting Komentar