My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

LBS Urundana Bagus Ga?

ini lanjutan dari postingan yang ini: Investasi Frutta Gelatto di LBS Urundana

Jelas saya senang sekali dengan adanya LBS Urundana. Konsepnya bagus sekali, di kala startup fintech yang lain bergerak dari teknologi ke fiqih, LBS urundana berangkat (dimulai) dari fiqih ke teknologi. keren salut.

Saya sebagai (calon) investor semangat sekali dengan berjalannya LBS Urundana..

Tapi...

Saya sebagai pebisnis / pencari dana, kecewa dengan LBS Urundana ini..

Selama ini bisnis saya belum pernah terima suntikan / pinjaman modal dari pihak lain, karena menghindari Riba. Sampailah kami untuk apply LBS Urundana ini.. Awalnya kami PD lah, karena kami tidak pakai musik, jam solat selalu istirahat, dan tidak ada modal riba. Ehhhh setelah beberapa bulan pengajuan, ternyata ditolak.. Alasannya gak dikasih tau kenapa, praduga saya penolakan ini mungkin gara2 2 hal:
- kami kurang profit --> ya betul, net profit margin (NPM) kami hanya di bawah 3% di 2 tahun terakhir. gak menarik, lebih baik invest di emas

- kami belum tertib pajak 100% --> belum tertib pajak aja NPM kami di bawah 3%, apalagi kalau sudah tertib pajak.. pembenaran. hehehe..

Saya kira semangat LBS Urundana ini dominan bantu umat muslim yang ingin berjuang dalam islam yang Kaffah.. ternyata unsur bisnis dan syariat sama pentingnya. wajar sih...

Jadi menurut saya, kriteria LBS Urundana untuk menerima menerbitkan bisnis itu adalah syari dan PROFIT. Syari tapi gak profit (meski butuh bantuan) ga akan ditolong oleh LBS Urundana, profit tapi gak syari apa lagi...

ya itu praduga saya..

Lalu dari sisi pelayanan, LBS Urundana ini jelek banget. Kalua gak follow up gak akan ada kabar.

Setelah saya submit, saya kira akan masuk ke "loop" jadwal mereka ya, eh ternyata tidak. kalau kita gak nanya, ga akan ada kabar dari mereka.. Model2 kaya gini pemerintahan banget deh. berarti emang gak pro si LBS Urundana ini.

Sebenernya hal biasa sih, sepengelaman saya, hampir semua yang "berlabel" syariah itu tidak lebih professional dari yang biasa..

BSI dan BCA.. bagus mana pelayanannya? jawab sendiri
Muamalat dan BCA.. bagus mana pelayanannya? jawab sendiri
BCA Syariah dan BCA.. bagus mana pelayanannya? jawab sendiri

ya begitulah..

kalau anda orang LSB Urundana baca postingan ini, semoga keterimanya jadi kritik positif ya.

Barakallah.

0 Response to "LBS Urundana Bagus Ga?"

Posting Komentar