My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kenapa Orang Banyak yang Stress?

Feeling saya, mungkin kasus terbanyak adalah ekonomi. Makan susah, gaya hidup sudah tinggi, keinginan tuntutan sosial + FOMO tinggi, apalagi kalau ada hutang / cicilan. lengkap sudah, saya ngebayanginnya aja (kalau saya mengalami) mungkin akan stress banget..

Alhamdulillah, kalau saya.. Gaya hidup saya gak tinggi2 amat, standar lah.. Makan warteg juga masih sering. Hutang gak punya, alhamdulillah.

Postingan kemarin tentang RSJ, menyadarkan saya, bahwa sakit jiwa itu REAL! nyata adanya, dan banyak.. Dan penyakit ini betul2 menyusahkan strata sosial kita.. mulai dari keluarga si yang sakit jiwa, pasti cape repot kesusahan keluar biaya dan lain sebagainya. Syukur2 kalau ga ikut sakit jiwa juga..

Belum lagi di sosial masyarakat, pernah liat orang gila di pinggir jalan? setidaknya hal negatif yang diberkan adalah menunjukkan kesan kumuh ke wilayah tersebut..

Balik lagi, menurut saya faktor ekonomi adalah faktor terbesar dalam kontribusi membuat orang stress dan sakit jiwa. Ekonomi jelek, gara2 pendidikan jelek, pendidikan jelek karena gak punya uang, dan seterusnya muter2..

Ada lagi sih penyebab lain selain ekonomi...

Mungkin percintaan? ini sih lebay. kesannya banyak terjadi di masyarakat, nyatanya lebih banyak terjadi di film, daripada terjadi di masyarakat. cek aja kalau tidak percaya.

Mungkin perceraian? saya rasa ini beda dengan percintaan ya. Kalau rumah tangga udah bubar, suami-istri pisah, anaknya terbengkalai atau kurang kasih sayang dari ayah/ibunya. Membuat si anak broken home, menjadi penyakit masyarakat, jadi stress, dann seterusnya..

Mungkin per-bully-an? ini pernah saya rasakan dulu.. tp "remeh" aja sih.. Saya waktu SMA itu jerawatnya banyak sekali, alhasil sekarang muka saya bopeng, kaya bulan. hehe. Waktu SMA, saya sering dibully oleh kawan saya yang sering saya bully juga, jadi kami saling membully. Ya singkatnya saya sering diejek si-jerawatan.. Walaupun bullyingnya dalam konteks bercanda, dulu saya sempat berpikir loh utk operasi plastik, tapi kan gak punya uang... ini tingkat stress anak remaja SMA, yang remeh.. jadi saya rasa kalau orang usia produktif (kuliah++), mungkin sudah tidak mengalami masalah ini.

apa lagi ya? hmmm.. gak tau.

0 Response to "Kenapa Orang Banyak yang Stress?"

Posting Komentar