My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

5 Tips Menghadapi Stress Berjualan Online



Sebenernya bukan hanya jualan online sih, bisnis apapun kemungkinan bikin stress, jika dibandingkan dengan jadi karyawan. Saat jadi karyawan, tinggal nunggu dapet gaji berapa, saat jualan online (jadi boss), harus mikir otak untuk bisa gaji karyawan tiap bulannya. Saat jadi karyawan, seneng ketika tanggal gajian dateng. Saat jadi boss, pusing ketika tanggal gajian dateng. dan masih banyak lagi.

Saya rasa, kalau anda sampai "nyasar" ke sini, berarti anda sudah mengalami stress-nya bisnis, stress-nya jualan online.. Berikut ini tips untuk menghadapi stress jualan online, berdasarkan pengalaman saya:

1. Olahraga yang rutin

Ini klasik sih, awalnya saya gak percaya2 amat soal olahraga bisa nurunin stress. Setelah saya cobain, alhamdulillah iya dong! dan lagi, dulu waktu jaman stress saya lagi puncak2nya, saya kurang lebih sebulan sekali lah sakit. Entah batuk, entah pilek, sakit kepala, dan lain sebagainya. Alhamdulillah sekarang paling 6 bulan sekali.

Gara2 olahraga, badan jadi berkeringat, pikiran jadi plong, stress hilang. Gara2 stress hilang, metabolisme tubuh jadi optimal, sehingga badan jadi sehat. Mungkin begitu kali ya.

Kalau saya, olahraga tiap sore. Hampir tiap hari, hari Sabtu libur, atau kalau ada agenda external yang penting biasanya saya liburkan jadwal olahraga saya. Olahraganya juga gak ribet kok, main skipping lombat tali aja setengah jam di depan rumah. Dari jam 17 sampai menjelang maghrib

2. Nulis jurnal

"dear diary... hari ini aku..." kesannya childish ga? hehhee. dulu kalau denger ada temen yang nulis buku harian, rasanya aneh. ehh udah gede, ternyata saya yang bikin buku harian atau jurnal harian.

awalnya saya gak percaya, nulis jurnal ini bikin hilang stress. tapi ternyata LUMAYAN efektif. ketika lagi mumet banget, buka buku jurnal, tulis deh apa yang ada di otak. Menumpahkan apa yang ada di otak.

Gak panjang2 kok, paling 1 halaman doang. itu pun dengan spacing yang cukup gede. kalau gak percaya, cobain aja!

penting, harus nulis tanggal dan tempat menulis jurnal tersebut. Jadi kalau suatu hari (di hari tua) atau ketika sudah meninggal, orang yang baca jurnal tersebut bisa membayangkan kondisi kita (si penulis jurnal)

ga percaya? cobain aja!

3. Cari suasana baru

jangan terus menerus diem di suatu tempat. pindah2.. kadang kerja di kantor, kadang kerja di rumah, kadang di cafe, kadang di masjid, dan seterusnya. ini lumayan banget ngebuat mata jadi ga sepet, ngebuat mental jadi fresh.

Kadang saya dan keluarga, sengaja untuk liburan, tapi di tempat libur ya kami kerja normal. buka laptop. hehe

4. Delegasi-kan pekerjaan

Kalau anda stress atau under pressure, berarti kan ada pressurenya tuh. seberapa besar pressurenya? jangan2 gara anda menganggap bisa mengerjakannya semua sendiri.. kalau ternyata emang itu masalahnya, cobalah untuk mendelegasikan ke orang lain, bisa ke karyawan, partner, atau siapapun.. Atau kalau yang masih solo fighter dalam bisnisnya, itu pertanda bahwa anda harus mulai cari karyawan.

5. Bersyukur

ini juga klasik. Bersyukur itu dengan melakukan perbanyak sedekah, perbanyak infaq, perbanyak ibadah. Dan cobalah untuk "melihat" ke bawah. Lihat orang yang lebih "gagal" daripada anda, insya Allah anda akan merasa beruntung.

tapi hati2, harus tau kapan harus lihat ke bawah, dan kapan harus lihat ke atas. Karena sebenernya melihat ke atas itu sama pentingnya buat pebisnis, jangan sampai bisnis anda stagnan gitu gitu aja.

0 Response to "5 Tips Menghadapi Stress Berjualan Online"

Posting Komentar