My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pengalaman 6 Tahun Full Time Bisnis




Anda full-time bisnis atau bisni sambil kerja? ini saya sharing singkat pengalaman saya 6 tahun sudah full-time bisnis..

Saya bisnis udah dari kuliah sebenernya, artinya saat kuliah itu saya part-time bisnis. Pas kuliah itu pun saya sambil kerja juga ke dosen. Jadi saya parti-time kuadrat. hehe. Sambil kuliah, sambil kerja, sambil bisnis..

Tapi ya bisnsnya juga bisnis iseng2an sih. Hanya nyobain untuk ngejual kaos sablon pre-order, ngejual2in barang bekas dan ngambil margin dari situ, jualan produk2 lucu dan aneh dari Cina (dulu belum seramai di marketplace kaya sekarang).. yang intinya mah bisnis for happy, yes for money, tapi kalau ga dapet uang ya gpp. seneng aja..

Waktu itu 80% penjualan dari FJB Kaskus, 10% dari FB, 10% lagi dar OLX.. Sebagian besar penjualan dengan COD, gak kaya sekarang kirim ke mana mana mudah.

Lalu saya sempat pergi ke Malaysia, kurang lebih setahun untuk kerja.. Alhamdulillah bisnis masih terus berjalan di Indonesia, wkt itu saya memperkerjakan calon istri saya (sudah hitbah). heheh.. jd bisnis ada yang ngurus, dan itu pun gak susah sih. sehari ada 1 orderan 1 juga udah bagus.

Singkat cerita, saya memutuskan resign kerja yang di Malaysia, dan memutuskan full-time bisnis.. Sejak saat itu sampai hari ini ketika postingan ini ditulis, sudah kurang lebih 6 tahun. lumayan juga. :))

Gimana rasanya full-time bisni? asli, pressure nya jauh lebih terasa dari pada part-time. Bayangkan, kalau bisnis ga ngasilin duit, mau makan apa? dulu sih enak2 aja toh ada gaji yang diterima.

Awal2 berusaha untuk menghidupi diri sendiri, lama kelamaan alhamdulillah menghidupi orang lain juga. Skg saya punya 2 PT, dengan berbagai lini bisnis, total karyawan 30an lah. lumayan.

udah itu aja, nanti lanjut part 2, kalau inget. hehe

0 Response to "Pengalaman 6 Tahun Full Time Bisnis"

Posting Komentar