My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Apa Faedah Buka Bersama?

Alhamdulillah Ramadhan taun ini udah jauh lebih longgar daripada 2 taun ke belakang. Taraweh udah boleh ka masjid, masjid udah boleh rapat shaf-nya. Tempat makan dan cafe2 juga udah boleh sampai tengah malam. Impact-nya ke kegiatan2 buka bersama..

Sebenernya saya ga pro-pro amat sama buka bersama, mungkin dari 10 ajakan buka bersama, yang saya hadiri hanya 5 saja alias 50% nya saja. itu pun dengan berbagai ketentuan.. Misal kalau jauh dari masjid, biasanya saya baru datang setelah taraweh. Atau dateng sebelum jam buka, pas setelah membatalkan puasa, langsung cabut.

Ga kaya dulu waktu bujang, rasanya hampir semua tawaran buka bersama saya jabanin. Bahkan di komunitas yang sama dan ngadain buka bersama 2-3x, saya jabanin! hehe.

Tapi sekarang tentu jauh berbeda. Dari sisi agama saya lebih berilmu, lebih sadar.. Sekarang sudah punya anak istri, yang bikin kangen kalau ditinggalin.. Sekarang udah ada bisnis yang harus diurus, apalagi kalau lagi Ramadhan gini sedang panen-panen-nya..

Yang lucu dari buka bersama adalah terlalu banyak unfaedah-nya. Kalau nongkrong terlalu lama ngobrolin yang ga jelas kebanyakan juga ga penting.

Saya lebih suka buka bersama itu dengan komunitas yang memang saya "sayang banget", temen kampus dulu.. ada 2 komuniats kampus dulu yang saya "sayang banget". dan kami memang jarang jumpa.

Menurut saya momen buka bersama hanya cukup sampai ketemu, lalu tanya2i sekarang kondisinya seperti apa, proyek apa, keluarga gimana, dan seterusnya.. sudah cukup..

Tapi yang biasanya terjadi, sampai ngalod ngidul kesana kemari. Yang paling umum tentu ngebahas kejadian dulu waktu kuliah yang lucu lucu yang seru seru. Ini emang menarik, tapi jadi unfaedah. mending taraweh.. Apalagi kalau sampai ghibah.. Habis sudah pahala yang dikumpulin. hehe

Jadi kalau anda semangat atau tidak untuk BukBer?

0 Response to "Apa Faedah Buka Bersama?"

Posting Komentar