My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tentukan Deadline-nya!

Kalau anda adalah boss atau manager, saya punya saran bagus untuk anda..

katakan: Tentukan Deadline-nya!

jadi daripada deadline anda yang tentukan, lebih baik suruh tim / bawahan anda untuk menentukan sendiri deadline untuk tugas tersebut. Hal ini beneran efektif untuk menarik komitmen dari karyawan.

Secara psikis, manusia jika mengatakan sesuatu akan berusaha untuk menepatinya. Mau se-munafik apa orang tersebut, tetep aja di hati nurani, pada dasarnya psikis dia ingin memenuhi apa yang sudah dikatakan oleh lidahnya sendiri.

Itulah mengapa penentuan deadline yang dilakukan karyawan itu efektif! cobain aja kalau ga percaya..

yang parah itu, jika nyuruh tugas atau disposisi (bahasa PNS), tapi ga ada deadlinenya! ini sebenernya yang paling umum terjadi, ternyata ini salah satu yang membuat suatu organisasi jadi ga efektif, karena apa? bukan karena ga ada deadline, tapi karena TIDAK TERUKUR

Apa apa ayng ada time-based-nya artinya tidak terukur, padahal kita semua hidup dalam rentan waktu timeline yang sama.

Tanpa deadline, hanya akan menumbuhkan budaya follow-up.. Ini sangat tidak efektif, ini WASTE. kalau emang tugas penting, kalau emang tanggung jawab, kenapa harus di follow-up? aneh...

Bahkan dulu saya pernah berkecimpung di dunia PNS, seakan akan semua tugas itu kalau ga di-follow-up ga akan selesai. Seakan-akan semua request / permohonan itu kalau ga di-follow-up ga akan dikerjain. wallahualam.. kok gini amat ya?

padahal kala semua ini ada deadlinenya, enak.. Kalaupun perlu follow up cukup hanya di tanggal yang ditentukan, sebelum itu ga perlu nanya..

Yuk jadi kesimpulannya..

1. JANGAN kerja tanpa deadline

2. usahakan deadline ditentukan sendiri oleh yang mengerjakan

0 Response to "Tentukan Deadline-nya!"

Posting Komentar