My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Bisnis Auto Pilot (?) Isolasi Mandiri Hari ke 5

Tulisan ini dibuat di hari ke-5 saya isolasi mandiri, dan alhamdulillah sejauh ini si bisnis saya jalan jalan aja. Alhamdulillah karyawan di kantor semua pada tau apa yang harus dikerjakan.

Apakah bisanis saya udah autopilot? sebenernya belum sih, ya bisa dikatakan hanya 70%-an-nya saja yang autopilot

Selebihnya, 30%-an kerjaan adalah remote-pilot. hehe. artinnya bisa dipantau dari jarak jauh.

Satu sisi sedih isolasi mandiri sendirian di rumah, satu sisi bangga juga karena sistem yang dibuat selama ini ternyata cukup kuat... nih buktinya, karyawan tanpa ketemu saya udah 5 hari (bahkan lebih), bisnis tetep jalan. alhamdulillah...

Ini bukan proses 1-2 hari, tapi butuh setidaknya 3 tahun lah untuk saya faham pentingnya bikin sistem. Itu baru faham doang ya, eksekusinya butuh tahun ke-4 ke-5 dan sekarang ke-6.

Yang paling menginspirasi dalam membuat sistem bisnis kaya gini adalah buku The 4 Hour Work Week, silahkan baca ya! kata buku itu yang paling saya inget adalah "jangan taruh diri anda di jalur komando"

apa maksudnya? maksudnya usahakan semua keputusan tidak perlu ada approval dari owner bisnis, jadi biarkan karyawan melakukan sendiri.

Masalahnya, memang gak mungkin semua keputusan selesai di karyawan ya. Kalau gitu saya klasifikasikan menjadi keputusan harian dan keputusan strategis.. Kalau keputusan harian, sudah 90%-an lah saya tidak ikut campur dalam keputusannya. Contoh: sekarang karyawan ngerjain apa? ini udah selesai di level middle manager saya, mereka udah tau apa yang harus dilakukan. Soal beli perlengkapan harian kaya kopi, aqua galon, kertas dan lain sebagainya, ini udah selesai di level karyawan, tanpa perlu saya ketahui. dan seterusnya..

Anda juga harusnya gitu, segala keputusan harian harusnya bukan lagi di pihak owner. Sepertinya di luar sana masih ada yang si owner bisnis melakukan "approval" dalam pembelian aqua galon! gila. haha.. cape banget itu pasti.

Dengan minimalnya kehadiran anda dalam keputusan harian, anda bisa fokus ke hal lain yang lebih penting. Bagaimana memajukan penjualan? bagaimana bikin sistem gudang yang efektif? bagaimana meng-hire karyawan yang lebih baik? dan lain sebagainya...

Hal-hal lain yang masih membutuhkan approval dari saya, bisa diselesaikan via WA semuanya. Alhamdulillah.

Poka Yoke

Ini istilah bahasa jepang, apa ya arti harafiahnya, ga ingat saya. Tapi teknik ini membantu betul bagaimana bisnis saya 70% autopilot seperti sekarang..
saya kasih contoh langsung..

anda tau SIM CARD HP kan ada potongan di 1 sisi ujungnya.. ini membuat orang jadi ga salah masukin SIM Card ke HP mereka, ini namanya sistem Poka Yoke

contoh lainnya.. kalau ke WC umum, suka ada tulisan dilarang JONGKOK untuk WC duduk. Tapi ga sampai di situ, bukan hanya tulisan, tapi ada gambar juga. Ada gambar orang jongkok lalu ada cross merahnya, ada gambar orang berdiri lalu ada cross merahnya, tapi ketika ada orang duduk  ada centang hijau. ini namanya Poka Yoke juga..

Jadi intinya buatlah sistem yang bisa mengoreksi dirinya sendiri..

Di bisnis saya, yang paling banyak menggunakan Poka Yoke adalah sistem per-admin-an.. Admin sering sekali salah input, ya wajar, karena inputnya manual dan datanya banyak. Nah bikin entah gimana caranya, ketika admin salah input entah itu kode barang, tanggal dan lain sebagainya, sistem akan "failure" alias ketauan adalah salah input, jadinya admin bisa mengoreksi diri mereka sendiri. enak kan? mudah2an terbayang

semoga bermanfaat.

0 Response to "Bisnis Auto Pilot (?) Isolasi Mandiri Hari ke 5"

Posting Komentar