My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Saatnya Ngejer Profit

Bisnis saya yang Bajuyuli umurnya udah 6 tahun. Kalau manusia sih udah saatnya masuk sekolah SD. hehe..

Jujur aja 6 tahun ke belakang, orientasi saya bukan profit, tapi perkembangan bisnis. Jadi setiap ada uang, "diputerin" lagi. Entah ke iklan, ke karyawan, tp mostly ke bahan baku.

Lalu saya berpikir, mau sampai kapan seperti ini? udah saatnya saya punya aset.. udah saatnya saya menikmati jerih payah 6 tahun ke belakang. Di kala temen2 seangkatan saya udah pada jadi manajer, uangnya udah pada banyak, mobil mentereng, rumah punya. Ada rasa ngiri juga. hehe

Mau ngejer profit berapa?

seminggu ke belakang, saya bingung akan hal ini. Mau kejer profit berapa? targetnya rupiah atau presentase?

Singkat cerita saya memutuskan untuk profit = persenase.

Saya sudah benchmark sana sini. Katanya untuk bisnis fashion profit bersih <5% = kecil. 5%~10% = sedang. 10%~15% = besar. dan ada profit yang superbesar, yaitu 28% = brand Hermes. itu yang saya baca dari buku The Four. Apple jg katanya net profitnya 25%. gila! gede banget...

Merunut net profit, saya cari cari kalau gross profit industri fashion itu di brp %? hasil Googling katanya industri fashion itu gross profitnya di 50%, rata2..

wah besar juga 50%, dari tahun ke tahun, Bajuyuli itu gross profitnya di 30~40%-an. berarti saya punya PR untuk naikan gross margin 10%. gimana solusinya? ada 2. naikkan harga, atau tekan HPP. itu aja. gimana caranya? belum tau.

Sehingga saya memutuskan, Bajuyuli akan mengejar profit 8% .

Kenapa 8%? ini saya tembak aja. hehe.. Kami pernah net profit sampai 16%.. itu di tahun ke-2 sy full time bisnis, saya rasa ini "beginner's luck" saja. Setelah itu ga pernah nyentuh di atas 6%, bahkan di 2020, kami rugi -1.24%..

Jadi 8 % menurut saya realistis.

oya dan angka 8% ini lebih baik daripada angka deposito, yang kisaran 6%an..

katanya kan bisnis yang baik itu kalau yieldnya bisa melebihi bunga deposito..

Profitnya mau dikemanain?

Kalau profit 8% ini tercapai, saya sudah hitung, ada kemungkinan saya bisa beli ruko seharga 2M cash, di tahun 2024.

Harapan saya seperti itu.

Bismillah

0 Response to "Saatnya Ngejer Profit"

Posting Komentar