My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pola Tidur Pemilik Bisnis Kecil



Video di atas adalah keseharian yang BIASANYA saya lakukan. Ga setiap hari seperti itu. Itu cerita idealnya, yang dirangkum hanya beberapa menit saja. Aslinya banyak sekali hal hal yang tidak diduga. Banyak sekali gagal planning, dan lain sebagainya..

Ada yang menarik setelah saya posting video itu.. Ada yang nanya pola tidurnya gimana? sehari tidur berapa jam?

hmmm...

Apakah semakin sedikit tidur artinya semakin produktif? apakah orang sibuk itu tidurnya sedikit? dulu saya berpikir gitu.. Tapi aslinya tidak gitu2 amat sih..

Sibuk dan produktif itu 2 hal yang berbeda.. Orang Produktif pasti sibuk, orang sibuk belum tentu produktif. Banyak sekali saya melihat orang yang kerjakan ini itu ini itu, tapi ga well manage, jadinya sibuk doang, tapi ga produktif. ga jelas gitu deh. hahaha

Soal tidur.. Di beberapa buku self-help yang saya baca, tidur itu investasi loh.. Anda harus sayang dengan aset terbesar yang anda miliki, apa itu? fisik anda, pikiran anda. Dengan tidur, pikiran jadi fresh, badan jadi sehat.. Dengan kurang tidur, bisa bahaya untuk pikiran dan fisik anda. 

Apalagi jika anda pebisnis, pebisnis itu harus tau investasi ke mana dan kapan.. harus bijak meng-investasikan waktunya. Dan tidur (sekali lagi) adalah investasi..

faktanya saya tidur sehari berapa jam?

aslinya saya tidur sehari itu minimal 6 jam. ini durasi tidur yang sangat normal. itu minimal luh.. ratanya2 saya tidur itu 6~8 jam...

umumnya siklusnya gini:

malem 21:00 tidur, bangun jam 02:00 --> 5 jam
jam 06:00 tidur lagi (power nap), bangun jam 07:00 --> 1 jam
jadi kalau ditotalin 6 jam kan?

itu umumnya.. kadang jg gagal, misalkan terpaksa mengerjakan sesuatu di atas jam 21:00. Atau ga berhasil bangun jam 02:00 pagi.. dan seterusnya

Saya pernah nyobain tidur kurang dari 6 jam. ternyata kontra-produktif. Yang harapannya bisa lebih banyak yang dikerjain, ehh malah siang harinya ngantuk, malah ga ngerjain apa2 siang harinya.. Apalagi kalau lagi shaum, wah godaan kantuk itu luar biasa.

Jadi kesimpulannya adalah... Pebisnis itu ga harus kurang tidur kok.. Justru kalau kurang tidur malah jadi tidak produktif. itu kalau saya, mungkin anda berbeda.

0 Response to "Pola Tidur Pemilik Bisnis Kecil"

Posting Komentar