My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Penyebab Sakit adalah Stress

Per artikel ini ditulis, saya lagi sakit. Masuk angin biasa aja sih.. tp lumayan mengganggu produktivitas.

Dalam 30 hari terakhir, saya 2x sakit. 2 minggu lalu, saya demam.. dan hari ini masuk angin. Padahal, semenjak saya rutin skipping, saya jarang sakit. mungkin ada 3bulan saya ga sakit. Tapi bulan ini 2x sy sakit..

Setelah saya pikir2, ketemu pola nya.

Sakit itu ga melulu akibat capek fisik. Tapi juga akibat capek pikiran!


setidaknya 2 sakit terakhir, load beban saya lagi tinggi-tinggi-nya. Lagi banyak hal pekerjaan (bisnis) yang belum selesai, tapi sangat penting. Ngebuat saya jadi kepikiran terus siang malem.

Belum lagi kalau ditambah agenda external, ngebuat saya tambah stress. Kerjaan tambah tertunda, tambah kepikiran..


Semakin pekerjaan tertunda, semakin sulit pekerjaan, saya semakin stress. Ketika saya stress, asam lambung naik. Ketika asam lambung naik, sangat mudah terkena masuk angin. Belum lagi kalau capek fisik, tubuh sangat mudah "menyerah" dan jadi sakit, sehingga demam.. begitu terus muter2.


Contohnya blog ini, semakin saya nunda nulis, saya semakin stress. Menunda itu macem2 alasannya, ga ada ide lah. ada prioritas lain. lemes lah.. sehingga kebesit ide kaya gini aja udah syukur banget. Asal tulis aja, tujuannya ngurangin stress.


Jadi pebisnis emang rentan dapet tingkat stress yang tinggi. Baca aja buku biografi Elon Musk, kata koleganya (saya lupa mantan istri apa temennya ya), Elon itu bukan pinter banget, tapi sangat cakap dalam mengelola stress yang dia hadapi. luar biasa.

0 Response to "Penyebab Sakit adalah Stress"

Posting Komentar