My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pebisnis = Serba Bisa

Saya bisnis dari kecil, full time bisnis baru 6 tahun ke belakang. Saya berani mendeklarasikan diri, saya SERBA BISA.. sombong..

eh kok sombong?

ini serba bisa loh, bukan serba jago. heheh..

Memang begitu, rata2 pebisnis itu dituntut untuk serba bisa. Dituntut menguasai banyak skill, meski ga jago.

Ini kerasa banget waktu awal awal ngerintis bisnis, ga ada karyawan, ga punya uang banyak. Hasilnya apa? kerjain sendiri, belajar sendiri.. contohnya..

Jadi admin --> ah ini sih udah biasa ya, hampir SEMUA pedagang online awalnya nge-admin-in olshop-nya sendiri
Cari supplier, karena saya jualannya baju, dan mau produksi baju, otomatis saya jadi cari tau dimana letak jualan kain, kenal karakter penjual kain. dann seterusnya...
Keuangan.. Bisnis yang bener itu wajib nyatet, waktu kerja dulu, keuangan yang catet orang lain. Ketika bisnis sendiri, ini gak mungkin! ya jadinya harus belajar tentang akuntansi..
dannnn masih banyak lagii...

ada 1 skill yang paling saya "suka" dan paling saya "banggai".. yaitu WEB DEVELOPING.. alias desain web! hehe...

Jadi sebenernya saya udah ngeblog 10 taunan lebih lah. skill saya buat web itu pelan pelang diasah, sedikit demi sedikit. dan sampai saat ini saya merasa BISA. belum JAGO.

Kondisi dimana saya DIPAKSA untuk belajar web adalah ketika website jualan ada masalah! mau ngontak web developer yang dulu, pasti minta mahal (udah pernah nyoba).. mau ngerjain sendiri, kebingungan, kesel.. Alhasil, karena saya ga rela ngeluarin duit gede, jadinya saya ulik2 sendiri tuh.. Hasilnya gimana? 99% masalah web saya, saya bisa handle sendiri.. hehe bangga.. meskipun kadang masalah minor kecil aja, butuh waktu sampai seminggu!
gpp lah daripada harus keluar uang banyak..

Oya kalau sekali dua kali sih gpp.. Tp masalah website itu sering berulang terjadi loh.. jadi keputusan saya untuk ngulik sendiri sudah tepat, skill saya bertambah, sehingga semakin jauh dari opsi "bayar orang", semakin hemat juga..

Ga kebayang kalau saya memutuskan untuk tidak ngulik soal per-web-an.. berapa biaya yang bisa keluar ya?

Saya rasa banyak di luar sana yang belum bisa soal WEB basic seperti ini. ya gpp jg sih. asalkan punya uang. heheh.. Yang jadi masalah adalah jika ga punya kemampuan NGULIK..

NGULIK itu wajib dimiliki pebisnis. Makannya dengan ngulik, pebisnis memiliki skill yang lengkap. jadi balik lagi ke judul deh. Pebisnis = serba bisa = serba ngulik.

0 Response to "Pebisnis = Serba Bisa"

Posting Komentar