My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Stop Nulis Blog?

Saya lagi bimbang.. apakah nulis di blog ini akan dilanjutkan atau distop..
Soalnya, kalau hanya meninjau pageview, nge-Youtube bisa ngasih lebih banyak daripada nge-Blog...

perbandingan Youtube dan Blog
perbandingan Blog dan Youtube


Hari ini adalah hari ke 729 saya memutuskan untuk berusaha 1 blog post per hari. Hasilnya saya dapet 709 blog post, artinya ada 20 hari yang saya ga nulis. Sebagian besar karena sakit.

Post ini adalah streaks ke 250. artinya sudah 250 hari saya nulis blog ini setiap hari tanpa putus.

Ini berat, ga mudah.

apa hasilnya? jika hanya meninjau pageviews, hasilnya nyaris "kecil". beda halnya dengan Youtube saya, Youtube bisa ngehasilin pageview yang 3x lipat! haha

Benefit dari nulis blog tiap hari yang saya rasakan adalah tingkat creativitas saya naik! tapi ga drastis, sedikit demi sedikit setiap hari. Ini sungguh super duper terasa banget untuk bisnis saya, saya jadi lebih mudah untuk nyari solusi dari setiap masalah.

kok bisa gitu? cobain aja, nyari ide setiap hari untuk nulis apa itu ga gampang!

Yang jadi soal sekarang, saya jadi bimbang, mau ngelanjutin si blog ini atau tidak. Toh bikin Youtube tiap hari juga sama sama melatih creativitas, menghasilkan pageview 3x lebih besar pula!

Untuk proses pengerjaan sebenernya sama sama aja sih..

Di luar nyari ide,
nulis blog itu menghabiskan kurang lebih setengah jam lah..
kalau nge Youtube juga sama. sketch, take, upload = setengah jam. Ini saya tanpa editing loh, jadi record, lsg upload! jadi gampang. ga kebayang kalau harus editing juga..

Yang paling susah sebenernya nyari ide, nyari ide itu bisa seharian baru dapet. Mikirinnya dari pagi, baru ekseskusi nulis atau bikin video bisa malem harinya. Makannya saya kalau kepikiran untuk nulis sesuatu, atau bikin sesuatu video, cepet2 saya tulis! takut ilang, takut lupa. inilah yang paling berharga.

Ya begitulah tulisan ini, ini ditulis juga belum tentu ada yang baca. hehe

semoga sehat selalu

3 komentar:

  1. Ada yang baca kang, saya.. Hehe.. Sy juga pernah bikin challange bikin jurnal pake aplikasi penzu.com, target saya adalah bikin 365 post setahun, alhasil saya cuma bikin 100 post. Berat memang... Tp dengan menulis, kita bisa berfikir lebih jernih menurut saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah menarik penzu.com baru tau. Seperti jurnal harian atau diary book gitu ya.. Sebenernya saya punya juga, bentuknya buku fisik. Isinya curhat2an aja.. Harapannya kalau saya meninggal, anak istri saya bisa napak tilas :))

      terima kasih mas sudah komentar

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus