My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Menghadapi Pesanan COD yang Dibatalkan Pembeli



Gara gara sistem pembayaran COD, belanja online tumbuh pesat loh. Karena bisa menjangkau orang orang yang tadinya ga mau belanja karena ga punya rekening, jadi mau belanja. Makannya ga aneh banget kalau yang digadang-gadang Shopee, Tokopedia, Lazada di iklan2 mereka adalah BISA COD.

Tapi bukan hanya menargetkan orang yang ga punya rekening sih. Saya juga kadang beli dengan bayar COD kok, alasannya supaya diterima karyawan dan dibayarin oleh uang kas. Biasanya untuk belanja kebutuhan2 kantor.

Sisi burukanya, pesanan COD ini cukup tinggi tingkat pembatalannya. macem2 alasannya.. ini tips dari saya tentang menghadapi pembatalan pesanan COD, berdasarkan waktu terjadinya kasus..

1. Pesanan COD Belum diproses

Di Shopee, kalau ga salah, jika belum 30 menit pesanan dibuat, si pelanggan bisa ngebatalin pesananannya langsung. Tanpa perlu persetujuan seller.

Lebih dari 30 menit, harus ada persetujuan dari seller..

Jika barang pesanan belum anda proses, label belum diprint, saran saya LANGSUNG TERIMA aja pembatalan COD tersebut.

Karena kalau tidak kita terima, kita rawan mendapatkan kerugian yang lebih besar. Jadi mumpung belum keluar effort, ya lebih baik langsung cut-loss aja

2. Pesanan COD Sudah diproses, tapi belum dipickup

kasus ini juga saran saya LANGUNG TERIMA, meski kita udah packing, udah ngeprint, tapi kalau pelanggan mau ngebatalin ya mau gimana lagi. Daripada dia nanti ujungnya ga mau bayar? lebih rugi lagi kita. Bisa rugi barang hilang, dan rugi karena barangnya ga bisa dijual, karena lagi perjalanan ke customer yang batal tersebut

Susah nyari pesanan tersebut di tumpukkan paket? tenang, ga usah nyari. Batalin aja dulu di Seller Center, nanti akan tertolak otomatis di sistemnya si kurir kok. Nanti Kurir akan ngasih tau deh, itu ada paket yang ga bisa di-scan.

3. Pesanan COD sudah dikirim atau sudah sampai

Banyak orang salah kaprah, banyak yang kesel ketika customer membatalkan sebelum dikirim. Padahal itu sebenernya bagus loh, daripada dibatalin ketika barang dikirim atau barang udah sampai kan?

Kerugian terbesar adalah ketika dibatalkan pas barang sampai.

Barang ga dibayar, barang ada kemungkinan ga balik lagi ke kita, dan selama barang dikirim tersebut kan barangnya ga bisa dijual.. ya begitulah

0 Response to "Tips Menghadapi Pesanan COD yang Dibatalkan Pembeli"

Posting Komentar