My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Olahraga Nafas

ada tau olahraga yang gratis, mudah, dan "lumayan" baik. yaitu olahraga nafas!

se-sederhana, tarik nafas dalam2 pakai hidung... tahan sebentar.. lalu buang melalui mulut pelan pelan..

Hal ini bisa dilakukan kapan saja, dimana saja.. di WC juga bisa, kalau mau.

Kalau saya sering juga selagi solat melakukan ini. apakah mengurangi kekhusyukan solat? ah saya rasa tidak, tanpa olahraga nafas pun tetep aja ga khusyuk. hehe..


Ini sebenernya udah rahasia umum sih, tapi mungkin anda belum tau. Dan kalaupun tau, mungkin belum niat praktek.


Pernafasan itu penting sekali. Saya tahu ilmu ini ketika saya ikutan ekskul Hikmatul Iman saat SMA dulu (saya alumni SMAN 8 Bandung)..

Jadi dengan olahraga nafas, makin banyak oksigen yang masuk ke tubuh kita. Makin banyak pembakaran yang dilakukan, entah lemak, karbohidrat, apapun.. artinya regenerasi, self healing tubuh kita semakin baik.. artinya imun kita semakin kuat.. dan seterusnya...

begitu juga ketika exhale, dengan semakin banyak membuang CO2 dalam paru2 kita, artinya ruangan untuk Oksigen semakin banyak, dan muter lagi ke tulisan di atas..


Olahraga nafas ini sebenernya pasti dilakukan kalau kita olahraga beneran. Kalau kita jogging, lari, atau apapun, pasti kita memasukkan banyak oksigen dan mengeluarkan banyak CO2. menyehatkan.


Cuman memang kita semua ga akan bisa olahraga setiap saat, kecuali kalau anda atlet. Jadi olahraga nafas adalah opsi terbaik menurut saya. Murah, mudah, menyehatkan.


yuk praktek!

0 Response to "Olahraga Nafas"

Posting Komentar