My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Jualan Herbal Online



Sebenernya saya ga pernah jualan Herbal, tapi kalau saya ditawari atau ada kesempatan untuk jualan Herbal, kemungkinan besar tidak akan saya lakukan. Nah alasan kenapa saya ga mau jualan produk herbal ini, mungkin bisa jadi tips buat anda yang jualan produk herbal.

Harus siap kalah

Ini khususnya yang jualan herbal dalam model bisnis B2B dan atau MLM ya.. B2B itu artinya business to business, alias yang nyari reseller / keagenan.

Saya emang kurang suka dengan konsep bisnis B2B, memang ini bukan hanya produk herbal, produk lain juga banyak.

Saya ga suka itu karena bisnis B2B, pasti harus ada yang kalah, pasti harus ada yang rugi. Ini khusus bisnis B2B atau MLM yang menharuskan agennya beli dalam nominal tertentu.

Logikanya gini... Si supplier / produsen mencari agen sebanyak banyaknya, dari yang udah biasa jualan online ataupun yang newbie.. Yang namanya bisnis, pasti ada ga laku-nya.. Apakah semua agen akan laris manis? ga mungkin.. Pasti ada agen yang ga berhasil ngejual si barang tersebut. Artinya si agen rugi, si supplier? tetep untung, karena udah dibayarin duluan barangnya..

Beda dengan konsep bisnis B2C. ini win-win. Penjual senang, customer senang. Kalau customer ga senang, ya tinggal komplain. Apalagi kalau lewat Marketplace, komplain udah enak banget.

Kurang cocok jualan di Marketplace

Kalau anda sebagai agen berniat produk herbal jualan di marketplace, pasti akan kesulitan sekali untuk main perang harga. Perang harga ini tak terhindarkan lah, ini bukan hal negatif, ini memang naturalnya manusia. Semua orang juga mau produk yang murah. ya ga? jika ada produk yang sama persis, pasti milih yang lebih murah..

Anda akan bersaing dengan agen agen yang lain. Yang mungkin lebih tinggi levelnya dari anda sehingga bisa jual harga lebih murah.. Atau yang lebih ngeri, kalau anda bersaing langsung dengan supplier anda.

Untuk beberapa supplier yang sudah bagus, biasanya memberikan peraturan kompetisi.Ini bagus. Tapi mayoritas saya lihat kurang berjalan dengan baik.

Cocok untuk inner circle

Sepengalaman saya, jualan herbal cocok banget untuk inner circle anda.
apa itu inner circle anda? jualan ke teman, kerabat, kolega.. Bisa lewat status WA, WA Grup, FB pribadi, IG Pribadi dan lain sebagainya.

Apalagi kalau anda tau kerabat / teman anda membutuhkan solusi dari herbal anda. Nah yang gini langsung prospek aja, ga usah mikirin jualan di marketplace, ga usah mikirin jualan di FB Ads

Ajang belajar

Saya melihat mayoritas yang jualan herbal adalah penjual newbie, yang nyari sampingan, yang iseng2, yang baru nyoba2, dan lain sebagainya.

Jadikan jualan herbal ini sebagai ajang anda belajar.

Jujur saya angkat topi, salut, kalau ada orang yang bisa berhasil jualan herbal sebagai agen. Kalau udah begini, berarti anda jago jualan, segera ganti produk! jangan fokus ke herbal lagi..

Ingat, yang tersulit itu jualan.. Produksi itu mudah.
Jadi jika anda sudah jago jualan, sudah saatnya anda berpikir untuk memiliki produk sendiri.

0 Response to "Tips Jualan Herbal Online"

Posting Komentar