My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Sibuk Ga Jelas

Belakangan saya terperangkap di kegiatan sehari hari yang "sibuk ga jelas".

Sebenernya jelas sih, saya mengerjakan ini mengerjakan itu. Tapi ternyata saya terlalu banyak ngerjain hal teknis, hal hal strategis terbengkalai. Padahal hal strategis itu ga ada orang lain yang bisa buat selain saya. Strategi penjualan, strategi iklan, strategi dicount, strategi produksi, dan lain sebagainya.

Tapi hal teknis yang saya kerjakan belakangan jg cuma saya yang bisa ngerjain. Dimana hal teknis itu biasanya mendesak, karena digunakan untuk pekerjaan yang daily basis. Jadi terpaksa saya harus turun tangan, harus ngebenerin ini itu, troubleshooting.. Hal strategis terbengkalai..

Mungkin anda bingung ini nyeritain apa sih..

Jadi gini kawan.. Saya adalah owner bisnis online shop, full-time bisnis baru 6 tahun ke belakang, tapi dari kecil saya sudah bisnis. Awal2 bisnis saya melakukan semuanya sendirian, dari yang teknis ke strategis. Dari jadi CS, ngelakban, angkut angkut, pergi ke toko kain, setting iklan, sampai nentuin mau ke mana arah perusahaan ini.

Lambat laun, saya ga sanggup, dan kekuatan keuangan jg sudah mumpuni untuk nambah pegawai. Alhasil saya mulai cari pegawai untuk ngegantiin saya di pekerjaan teknis. Saya bisa fokus ke strategis. Ini pelan pelan banget. Sampai saat ini, pekerjaan harian saya kurang lebih 20% teknis + 80% strategis. 

Yang jadi soal adalah saya belum nemu orang yang bisa melakukan hal hal strategis. jadinya masih oleh saya sendiri.

Contoh hal strategis itu apa sih? nih kasus real-nya:

  • ketika apa harus nambah karyawan? kapan?
  • kapan harus beli bahan baku? ketika apa?
  • bagaimana supaya kerja lebih efisien?
  • bagaimana neken biaya produksi?
jawaban dari hal hal tersebut ga mudah. Harus punya "bird-eye-view", sejauh ini cuma saya yang punya itu. Belum ada (mungkin sy belum berani) karyawan yang punya sudut pandang seperti itu.

Kenapa ga hire aja orang yang bisa melakukan hal strategis? alasannya sederhana.. MAHAL! hehe...

Dengan karywan saya saat ini, yang S1 itu ada yang gajinya 4.5jt, ini aja keuangan kami udah kembang kempis. Nanti kalau nyari orang yang berpengalaman bisnis, saya ga yakin mau digaji 4.5jt. he he

ya begitulah curhatan ini.

0 Response to "Sibuk Ga Jelas"

Posting Komentar