My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Perbedaan 5 Whys, Fishbone Diagram, Root Cause Analysis



Sebenernya ga ada penyebutan yang baku sih.. Selama metode tersebut memecahkan masalah anda, jadi mau disebut apapun ga masalah..

5 Whys, Fishbone Diagram, Root Cause Analysis adalah metode untuk mencari sumber masalah dari masalah anda. Harapannya ditemukan masalah2 kecil penyebab masalah besar, sehingga mencari solusi masalah kecil bisa menjadi masalah besar.

Jadi metode ini adalah solusi dari semua masalah anda. Eh.. Sebenernya solusi dari seluruh masalah anda ya tentu datang dari Allah SWT ya...

Berikut penjelasan singkat 3 metode di atas, beserta contohnya.

5 Whys

Metode ini dikenalkan oleh Toyota, keren! intinya adalah jika anda menemukan masalah, cara penyebab LANGSUNG dari masalah tersebut sebanyak 5x. bertingkat.

Ingat kuncinya adalah penyebab langsung. Ga boleh loncat.

Contoh: 
masalahnya anda lapar, penyebab langsungnya itu karena tidak makan. Bukan karena ga ada uang.

Penting sekali. HARUS masalah langsung. karena jika tidak, percuma saja, analytical thinking anda tidak terbangun.

ini contohnya gambarnya:
contoh 5 Whys: tidak ada penjualan
contoh 5 Whys: tidak ada penjualan

Jadi jika dilihat dari gambar di atas, penyebab awal kenapa TIDAK ADA PENJUALAN adalah karena JUDUL PRODUK SALAH

kelemahannya.. metode 5 Whys ini ga bercabang.. maka lanjut ke metode selanjutnya

Fishbone Diagram

Seperti namanya, ini seperti ngegambar tulang ikan.

Jadi masalah yang akan dianalisis ditaruh di kanan / kiri kertas.. Lalu tarik garis luru horizontal. Bikin cabang diagonal dari garis horizontal tersebut lalu tulis dengan penyebab langsung dari masalah.

Dari penyebab2 masalah tersebut, tarik garis lagi diagonal terhadap garis baru, dengan penyebab langsung dari penyebab masalah utama. begitu seterusnya sehingga ditemukan masalah2 kecil yang menyebabkan masalah besar terjadi.

contoh Fishbone Diagram
contoh Fishbone Diagram

ingat.. bahwa di setiap ujung garis harus ada "masalah", dan di setiap batang usahakan harus ada cabang lagi, yaitu si penyebab langsung dari ujung garis.

Kelemahan utama metode ini adalah, semakin kecil masalah semakin susah nulisnya. jadi masalah formatting aja.

Root Cause Analysis

sebenernya 2 metode di atas bisa disebut juga Root Cause Analysis (RCA), atau RCA ini adalah hal yang lebih umum ketimbang 2 metode di atas.

Tapi ada jg yang bilang ini adalah metode tertentu. ya begitu lah, apapun nama metode ini, yang jelas untuk mencari masalah.

Jadi sebenernya metode RCA ini sama aja dengan 5 Whys atau Fishbone Diagram. Hanya saja nulisnya berbentuk vertikal dan bisa bercabang2, bahkan masalah yang satu bisa loncat ke yang lainnya..

ini contoh gambarnya:

contoh Root Cause Analysis
contoh Root Cause Analysis

kesimpulan


Intinya metode2 di atas itu membantu anda untuk bisa melihat dengan OBJEKTIF dan JELAS apa sebenarnya masalah yang anda hadapi. Jangan langsung men-judge penyebab masalah yang anda hadapi, apalagi kalau sampai berkaitan dengan keputusan super duper penting.

Faktanya saya juga sering salah  mengira kok. Awalnya penyebab masalah A adalah B, eh setelah dilakukan RCA, ternyata masalahnya C!

--

semoga bermanfaat

[]

0 Response to "Perbedaan 5 Whys, Fishbone Diagram, Root Cause Analysis"

Posting Komentar