My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Fitur Baru Iklan Shopee: Target Efektivitas Iklan / ROI



Efektivitas Iklan itu artinya anda keluar biaya berapa untuk iklan, lalu akan dapet omzet berapa.. Jadi rumusnya adalah

Efektivitas Iklan = Omzet yang dihasilkan / iklan yang dikeluarkan

Bisa juga disebut ROI (return on investment), jd biaya iklan itu dianggap investment. Tapi kalau saya sendiri, lebih suka menyebutnya dengan ROAS (return on ads spent), jadi jelas bahwa ini adalah angka tentang iklan. Di Facebook Ads, lebih umum ROAS daripada ROI.

kembali ke judul...

Jadi, dalam waktu dekat, akan ada fitur iklan pencarian Shopee yaitu input target ROI / efektivitas iklan. Dan ini khusus untuk pencarian otomatis. Jadi ga perlu masukin keyword, ga perlu riset keyword, cukup masukin target ROI yang kita harap berapa, iklannya jalan deh... keren banget kan?

Sejujurnya saya skeptis dengan pengaturan otomatis, karena setidaknya saya udah nyobain 2x, dan itu boncos parah.. baca ini: Tips Iklan Shopee: Otomatis? Rekomendasi?

Tapi kalau inputnya adalah target ROI / ROAS, duhhh enak banget ini.. sangat layak dicoba.

Apakah bakal akurat? apakah jika kita memasukkan ROI tertentu, lalu PASTI akan dapet angka tersebut?
tentu tidak.. namanya mesin, pasti ada kelebihan dan kekurangan. tapi Shopee ngasih "garansi", bisa di lihat di tabel di bawah ini:

ROI per kategori jualan di Shopee
ROI per kategori jualan di Shopee

Tabel di atas saya comot dari deck / materi tentang fitur baru ini. Di situ Shopee dengan jelas memperlihatkan efektivitas iklan yang biasanya didapat dalam 3 bulan terakhir, artinya Shopee "PD" dengan angka itu. Artinya "mesin" Shopee targetnya adalah angka angka itu.

Untuk kategori saya, ternyata ROI dari Shopee adalah 4-6.7, padahal kalau saya manual, saya bisa dapat 7-10.. dan budget saya itu di 8.

anda tau cara nentuin budget iklan anda kan? kalau belum tau, baca ini:


tp gpp, patut dicoba. tentu nanti kalau fitur ini udah aktif, saya akan input budget saya, yaitu 8.

Saya udah daftar untuk nyobain fitur2 ini, jadi sekarang sepertinya masih tahap percobaan. Mungkin baru bisa semua seller tahun depan kali ya?

target efektivitas iklan Shopee
target efektivitas iklan Shopee



ada fitur baru yang lain, yaitu soal demografi di Produk Serupa, kalau di saya udah bisa sejak lama.. Tapi katanya ada beberapa seller yang ga ketemu fitur itu..

Good job Shopee..

0 Response to "Fitur Baru Iklan Shopee: Target Efektivitas Iklan / ROI"

Posting Komentar