My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Persiapan Menghadapi Harbolnas 1111



Saya ga tau siapa yang menetapkan Harbolnas.. beberapa taun lalu 1010, trus ada yang bilang 1111, ada yang bilang juga 1212. Tapi sebenernya yang paling pas Harbolnas untuk Indonesia adalah tgl 20 Ramadhan kali ya. he he.. Dari taun ke taun peak jualan pasti di tanggal 20an Ramadhan.

ya apapun itu tanggalnya, anda harus mempersiapkan toko anda untuk menghadapi big promo seperti itu.

sebenernya apa sih yang terjadi ketika big promo? khususnya 1111?
Yang jelas, akan ada iklan besar2an yang dilakukan oleh marketplace, Shopee kek, Lazada kek, Tokopedia kek, dan lain sebagainya.

Sepengalaman saya, yang terjadi di big promo ada 2, yaitu:
  1. penambahan pengunjung +50%
  2. Conversion Rate (CR) berlipat jadi 3x dari hari biasa
yang paling keren itu adalah CR yang jadi 3x, artinya orang jadi TAMBAH MAU BELANJA. ya iya lah, banyak banget promo nya, yang paling umum tentu GRATIS ONGKIR 0 RUPIAH. Tapi ada juga flash sale brang mewah, barang mahal, dlsb.

Ini beberapa hal yang biasanya saya lakukan untuk menghadapi big promo:

1. Siapkan Stok

ini ga main2 loh. Jangan sampai stok sold out! itu sayang sekali. Tapi jangan sampai juga terlalu banyak stok. Makannya kunci pentingnya adalah forecast penjualan. Kalau saya, forecast penjualan itu basis waktunya adalah mingguan. contoh:

Produk A
terjual 3 minggu lalu = 100 pcs
terjual 2 minggu lalu = 120 pcs
terjual 1 minggu lalu = 130 pcs
terjual minggu ini = 130 pcs
Terjual minggu depan? paling enak hitung pakai rumus FORECAST di Google Sheet, yang paling jelas ga mungkin kurang dari 100 pcs kan? ya secara feeling, mungkin minggu depan terjual sekitar 130pcs-an juga..

Lakukan hal yang sama untuk Produk B, C, D, dst..

nah kalau big Promo, seperti saya bilang, bahwa CR itu naik 3x, secara kasar, penjualan naik jadi 3x.. maka hasil forecast anda untuk barang tertentu seharusnya dikalikan 3. masuk akal kan?

Silakan explore sendiri..

2. Ikuti Promo Campaign

Shopee, Lazada, Tokopedia pasti menawarkan seller2nya untuk ikutan campaign.. ini kudu ikut! jib wajib! ini kerasa banget loh..

Cuman masalahnya masih banyak seller yang margin produknya tipis2 semua, padahal marketplace mintanya diskon gede2an..

Solusinya 1, yaitu ya naikin harga!.. Naikin harga kan ga harus produk yang ada sekarang, ga harus best-seller dinaikin harganya, anda bisa upload produk baru yang harganya siap "ditembak" oleh diskon.. ini namanya Product Line Pricing Strategi, baca: Tips & Strategi Penetapan Harga Jualan Online

ikutan promo campaign dari Shopee
ikutan promo campaign dari Shopee

3. harga terendah dalam 30 hari terakhir

saya sempat nanya ini ke RM saya, jawabannya, disarankan untuk ngasih diskon untuk semua produk dan terendah selama 30 hari terakhir. Ini ga harus diskon 50% dan lain sebagainya, diskon 1% jg asalkan memenuhi lebih rendah dari 30 hari terakhir juga gpp..

ini screenshoot chat saya dengan RM saya di Shopee:
chat dengan RM Shopee
chat dengan RM Shopee

Caranya gimana? gampang kok, tinggal download aja performa produk anda dalam 30 hari terakhir, disitu akan muncul harga rata2 dalam 30 hari terakhir.

4. CPAS

udah pakai CPAS Facebook Ads? kalau belum bisa baca ini: Pengalaman Facebook Collaborative Ads Shopee

intinya adalah kita retargetting audience kita di Shopee melalui FACEBOOK ADS.. ingat bahwa CR naik 3x, artinya orang jadi tambah mau beli, artinya pengunjung2 toko kita yang ga jadi beli, bisa mudah "tergugah" untuk beli.


5. Iklan Pepetin Boncos

Menurut saya, budget iklan itu harusnya persentase, dimana biasanya disebut dengan CIR. Cost income ratio. atau bisa juga pakai ROAS, yaitu Return on Ad Spent.

CIR = biaya iklan / omset
ROAS = 1 / CIR = Omset / biaya iklan

Nah menjelang big promo, saya biasanya "membiarkan" performa iklan yang boncos. Tapi ga parah2 amat sih.. mungkin selisih sampai 10-20%..

Jadi target CIR saya itu di sekitar 15%, menjelang big promo, saya membiarkan iklan yang kena CIR maksimal 35%.. Menjelang big promo itu sekitar 2 mingguan sebelum peak day.

kenapa demikian? balik lagi, bahwa CR akan naik 3x. Orang orang yang sudah lihat produk kita tapi ga jadi beli itu lebih mudah untuk "dipaksa" beli ketika CR naik 3x, wajar, karena liat diskon, voucher, dan promo lainnya.

Jangan khawatir, Shopee akan me-retargetting audience2 kita yang ga jadi beli, atau udah beli. Makannya kalau kita buka homepage Shopee suka ada produk2 yang baru kita lihat kan?

nah pastikan iklan anda aktif, khususnya iklan Produk Serupa

iklan Shopee menjelang big promo 1010
iklan Shopee menjelang big promo 1010




0 Response to "Tips Persiapan Menghadapi Harbolnas 1111"

Posting Komentar