My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Iklan Shopee: Otomatis? Rekomendasi?



settingan iklan Pilih Otomatis di Shopee
settingan iklan Pilih Otomatis di Shopee

Dulu saya pernah nyobain meng-aktifkan "pilih otomatis", menegangkan.. Cuma nyalain 2-3 hari kalau ga salah, langsung saya matiin lagi, boncos banget.. lalu saya belum pernah nemu orang yang ga boncos kalau mengaktifkan Pilih Otomatis.. apakah anda?

Apa itu Pilih Otomatis di Iklan Shopee?

kalau kita centang ini ON, artinya iklan kita jalan sendiri. Anda ga usah setting apa2 lagi, tau jadi aja. Jadi apa? jadi boncos apa jadi untung? he he..

Kenapa Shopee meluncurkan Pilih Otomatis? 

ini opsi menarik bagi Shopee. Karena Shopee punya semua data Iklan, dari yang nge-bid, produk apa, siapa yang jualan, siapa yang beli, belinya jam berapa, bayar pakai apa, daaaannnn seterusnya.. Shopee punya!

Dari data itu diolah sedemikian rupa pakai AI (Artificial Intelligent), alias rumus yang super ngejelimet, sehingga mengeluarkan settingan yang paling optimal untuk ngiklan di Shopee..

Bingung ya? saya coba kasih analogi.

Ibarat kata anda beli produk Reksadana ke bank. Anda ga perlu tahu detil perhitungan bank supaya Reksadana anda untung kan? anda tinggal ngasih duit aja. Padahal aslinya perhitungan menentukan Reksadana yang mungkin untung dan mungkin tidak itu ngejelimetnya bukan main.. Nah setting iklan Shopee Pilih Otomatis itu kurang lebih seperti itu lah..

selain itu, feeling saya banyak seller yang masih mental "gak mau ribet".. masih mental instan.. atau sebenernya yang paling kasian, yang ga "suka" ngitung2.. Padahal ngiklan itu WAJIB ngitung2. WAJIB bisa Excel / Google Sheet, ini minimal.

Karena itulah Shopee meluncurkan fitur ini.. Solusi buat seller2 yang seperti itu.

Kalau saya sih, mau banget ribet, mau banget ngitung2 pusing..

Bagaimana dengan Biaya Per Klik yang disarankan?

prinsipnya sama aja dengan Pilih Otomatis. ikuti saran Shopee, lalu berharap untung.

Biaya CPC iklan yang disarankan Shopee
Biaya CPC iklan yang disarankan Shopee

kalau ini sejujurnya saya belum pernah nyoba.. Cuma ga masuk akal aja kalau disarankan 12rb rupiah / klik, ini mahal sekali.. Jika Conversion Rate saya = 2% , artinya dari 50 orang yang klik 1 orang beli. Artinya kalau ngiklan utk dapetin 50 klik, saya harus keluar biaya 12rb x 50 = 600rb.. ga masuk akal buat saya.. Ini baru biaya iklan.. Jadi mau jual berapa harga produknya?

Saya yakin juga pasti banyak Seller yang ga tau cara ngitung biaya BPK maksimal tiap produknya, kalau itu anda, beruntung sudah pernah saya bahas di artikel ini: Tips Iklan Pencarian Shopee Part 2: Biaya Per Klik

silakan baca itu ya..

Garansi dari Shopee

Pernah dapet ditawarin untuk dapetin pengelolaan iklan dari orang Shopee ga? saya sih pernah.. Tahun 2020 lalu.. Saya lupa apakah saat itu sudah ada pengaturan otomatis atau belum..

Saya ga tau apakah sekarang pengelolaan oleh orang Shopee itu masih ada atau tidak? apakah digantikan jadi "pengaturan otomatis" ini..

Yang jelas ada data menarik, Shopee buka data CIR BENCHMARK:

CIR Benchmark Iklan Shopee tahun 2020
CIR Benchmark Iklan Shopee tahun 2020


Apa itu????? itu adalah GARANSI dari Shopee. Uang kembali jika performance iklan melebih dari CIR tersebut.
CIR = Cost income Ratio = iklan dibagi omset x 100%

hebat ya Shopee keluar angka tersebut.. Mereka berani ngasih garansi dengan angka2 di atas..

Tapi coba perhatikan... apakah ada yang budget iklannya di atas CIR Benchmark di atas? budget iklan loh ya.. bukan Gross Profit... kalau ada tulis di kolom komentar! saya 99% yakin hampir ga ada! kalaupun anda, pasti ga akan baca artikel ini.

itu garansi CIR utk Muslim Fashion = 35%.. gila kan?? padahal gross profit saya itu di sekitar 20~50%, beda2 tiap produk. Dan budget iklan itu dari 0~10%.. budget iklan = max CIR.

jelas ga akan masuk! masa ngiklan untuk rugi... 

jadi kesimpulan dari artikel ini adalah...

Say no to otomatis
Say yes to ribet
Say yes to ngitung2

0 Response to "Tips Iklan Shopee: Otomatis? Rekomendasi?"

Posting Komentar