My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

CPAS Shopee Diganti Click to Website Shopee?



Saya dapat beberapa feedback, yang katanya proses mengajukan CPAS ke Shopee belum disetujui2, ada juga yang terkendala teknis lainnya.. Dari situ timbul pertanyaan yang paling sering ditanyakan, kalau ga pakai CPAS, tapi pakai Click to Website ke toko kita di Shopee, apakah efeketif?

Saya jawab dengan tegas = TIDAK EFEKTIF

Sebelum saya tau CPAS ini, saya memang menjalankan iklan Click to Website diarahkan ke link toko saya di Shopee. Tapi seiring waktu, orang FB menyarankan ke saya untuk apply CPAS ke Shopee, alhamdulillah ga sampai 1 minggu udah diapprove kok. Nah mungkin sekarang semakin banyak yang apply, jadinya semakin lama prosesnya.. saya ga tau..

Kenapa saya bilang pakai Click to Website (CTW) ga efektif dibandingkan CPAS? ini alasannya:

Audience iklan CTW anda tidak 100% user Shopee

enaknya pakai CPAS Shopee itu kita bisa menargetkan audience Shopee yang berkunjung ke toko kita, artinya SEMUANYA user Shopee! tapi kalau kita tidak pakai FB Pixelnya CPAS Shopee, apalagi kalau pakainya saved audience, saya jamin ga semuanya yang kena iklan adalah user Shopee..

Saya pribadi sih skg males kalau belanja di MP lain, apalagi kalau ada saldo e-money yang nyisa.. kan sayang kalau ga digunakan.. Bahkan beberapa kali, searchingnya di Toped, eh belanjanya di Shopee. hehe. anda juga gitu kan? ngakuuu

Saya pernah melakukan kesalahan ini, dengan ngiklan CTW ke Shopee, budgetnya lumayan. Soalnya CPC murah! bisa dapet 100 perak per kli, ehhhh tapi pertambahan pengunjung di statistik Shopee sangat tidak signifikan..

Kenapa? ya itu, ga semua yang klik adalah usernya Shopee. Belum lagi kalau ngeklik kan  ga langsung ke aplikasi Shopee, tapi masuk dulu ke browsernya FB / IG, dimana si user belum login.

CPAS itu intinya retargeting / remarketing

Inti CPAS itu untuk retargeting, bukan untuk nyari audience baru. Sudah mahfum, bahwa menargetkan orang yang sudah kenal kita lebih mudah closing ketimbang orang yang belum pernah berkunjung ke toko kita sama sekali.


Saya belum pernah berhasil ngiklan pakai CPAS ke Saved Audience, boncos parah.. tapi kalau retargetting, alhamdulillah bisa dapet ROAS 8~15x

CTW tak terukur

Kalau click to website sendiri, itu bisa terukur. Apalagi kalau websitenya ada proses checkoutnya, bisa terdeteksi penjualannya berapa.. Tapi kalau CTW ke website Shopee? kita ga bisa cek! yang bisa kita lihat hanya statistik dari Seller Center, ada "miss link" data.

Semua datanya ter-record di FB Pixel-nya Shopee, kita ga bisa akses.

--

Ini pengalaman saya, sangat mungkin salah.

semoga bermanfaat.

0 Response to "CPAS Shopee Diganti Click to Website Shopee?"

Posting Komentar