My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Berapa Biaya Admin / Fee Jualan di Shopee



Awal2 marketplace masuk Indonesia, biaya jualan semuanya gratiss..... dulu inget banget jaman FJB Kaskus, yang belum marketplace banget sih, masih seperti forum.. lalu mulai ada Tokobagus, ada Bukalapak, ada Tokopedia, Lazada, Shopee...

Shopee ini emang yang paling keren, yang paling muda, tapi yang paling gede.. salut!

awalnya dulu gratis jualan, sekarang harus bayar..
Bayarnya juga macem2, ada deposit, ada biaya iklan, ada biaya ikut kampanye, dan lain sebagainya. Tapi yang paling umum adalah Biaya Admin atau Fee..

Apa itu biaya admin / fee?

SUPER DUPER wajar kalau misalkan marketplace seperti Shopee narik fee dari setiap penjualan, ya karena kan mereka juga butuh pemasukan.. Server siapa yang bayar? karyawan mereka siapa yang bayar? IKLAN di TV yang gede2an itu siapa yang bayar? ya cara paling logis adalah dengan narik uang dari para penjualnya.

Jadi buat yang nyinyir dengan marketplace fee / biaya admin di Shopee, insyaf deh.. karena emang itu sudah suatu keniscayaan..

Secara definisitf, biaya admin / marketplace fee itu biaya yang yang dipotong langsung dari omset setelah diskon.

apa maksudnya setelah diskon? jadi misalkan anda jualan barang lagi diskon 20% menjadi katakanlah 80rb rupiah. Biaya admin itu dihitung dari 80rb rupiah, bukan dari harga sebelum diskon.

Berapa biaya admin / marketplace Shopee?

sebenernya sudah dijabarkan detil oleh websitenya Shopee, bisa baca di sini: Ringkasan Biaya Administrasi, Biaya Pembayaran, dan Biaya Layanan Program Shopee

atau ringkasnya lihat tabel ini:
Biaya admin / fee berjualan di Shopee
Biaya admin / fee berjualan di Shopee

Kesimpulannya, mau jualan di Shopee gratisan bisa kok, tapi jangan harap ikutan program2 menarik seperit gratis ongkir, cashback, dan lain sebagainya.

Kalau ga ikutan itu apakah memengaruhi penjualan? JELAS! kalau anda jadi Shopee, anda lebih sayang penjual yang mana? yang ngasih duit apa yang ga ngasih duit? hehe

Toko saya, dikenakan biaya admin kurang lebih 9.9%. alias yang terbesar dari keterangan di tabel tersebut, karena sudah Shopee Mall dan jualannya fashion..

Apakah sepadan dipotong Shopee segitu?

YES! sepadan.. yes worth it!

cobain aja sendiri..
katakanlah anda berjualan barang dengan harga 100rb rupiah, 10%nya kan 10rb..
dari uang 10rb itu anda sanggup mendatangkan berapa pengunjung ke website anda / ke WA anda? apakah pasti akan beli?
kalau di Shopee, 10rb itu baru ketarik kalau barang udah kejual!

analogi sederhana kan? mana lebih menguntungkan?

0 Response to "Berapa Biaya Admin / Fee Jualan di Shopee"

Posting Komentar