My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

3 Alasan Saya Ga Suka Model B2B



B2B = business to business = sistem keagenan, subjeknya ada supplier, agen / penjual, user / pengguna
B2C = business to customer = jualan langsung ke customer, subjeknya ada supplier dan pengguna
C2C = customer to customer = jualan antar user, biasanya jualan barang bekas.. subjeknya ada dari pengguna ke pengguna

untuk penjelasan singkat 3 istilah di atas, bisa baca artikel ini ya: Tipe Model Bisnis Online

Dari dulu saya ga suka dengan model bisnis B2B. Khususnya B2B jualan online yang bikin sistem keagenan gitu..
pasti sering liat kan? "peluang bisnis online! jual gamis cantik untung jutaan rupiah".. hadohhh kenapa saya ga suka? ini alasannya..

1. Pasti ada yang rugi!

bahasa kerennya, zero sum game.. Jika ada suatu supplier bikin keagenan, katakanlah dapet 10 agen.. apakah dari 10-10 nya bakal laris manis semua? mungkin saja.. tapi berat..

Kalau punya 100 agen? apakah bakal laris semua? gak mungkin! pasti ada yang ga laku. skill tiap agen berjualan beda beda, potensinya beda-beda, dan seterusnya..

Kalau punya 1000 agen? jawab sendiri..

Intinya, sistem B2B atau keagenan ini ngebikin ada pihak yang rugi. Si supplier sih untung terus.. Misalkan untuk jadi agen, minimal belanja 10jt! uang sih langsung masuk ke supplier, dan untung! kalau si agen, harus berusaha untuk ngejual lagi barangnya.. kalau ga laku gimana? ya rugi.. saya sih belum nemu ada supplier keagenan yang bisa refund / buyback barangnya.

Makannya, "jahat"-nya supplier itu, biasanya ada minimal belanja untuk jadi agen.. dan itu harus dalam 1 waktu.. misal belanja 2jt, 5jt, 10jt, dst.. Dan kudu nyetok! barangnya harus dibeli.

Oleh karena inilah, kebijakan saya di Bajuyuli utk para reseller itu ga harus bayar dalam satu waktu.. kalau berhasil ngejualin barang kami sampai 24 pcs, boleh banget nyicil, baru dapet harga khusus reseller.

2. trend dunia, semuanya ke B2C

Indofood B2B apa B2C? Unilever B2B apa B2C? Samsung B2B apa B2C?
aslinya mereka itu B2B.. Indofood ngejualin barang2nya ke warung2, minimarket, supermarket, dst.. apa pernah nemu warung milik Indofood? belum pernah kaannnn..

Unilever juga sama aja kaya Indofood..

Samsung nih, mayoritas doi ini B2B. karena yang ada di Indonesia itu "authentic reseller" alias agen resminya Samsung. Tapi belakangan brand brand handphone gede mulai bikin tokonya sendiri di Marketplace..

Oya Unilever juga, udah punya tokonya sendiri di Marketplace.. otomatis mereka bisa banget mainin harga.. nyabet harga agen2 mereka.. kira kria siapa yang menang? ya jelas si Unilever-nya lah (supplier)

Apple, B2B apa B2C? Xiaomi?
Apple B2C! makannya Apple itu terkenal banget dengan Apple Store nya.. mungkin salah satu pioneer corporat yang terjun langsung ke customer.. Xiaomi juga sama, walaupun umurnya jauh lebih muda ketimbang Apple.

Saya melihat trend, kalau perusahaan perusahaan besar itu lambat laun akan ke B2C semua. Alasannya simple, B2C bisa ngasih harga lebih murah, customer lebih seneng! customer lebih terpuaskan..

Indikasinya jelas, perusahaan2 besar tersebut mulai buka toko di Marketplace Online (Shopee, Tokopedia, Lazada, dst)

3. bisa kontrol branding

Branding itu bagaimana brand kita "bersentuhan" dengan user/pengguna.. Sekarang kalau bisnis kita itu B2B, apakah kita bersentuhan langsung dengan user/pengguna? tentu tidak.. yang bersentuhan tentu si agen2..

Agen2 ini lah yang memegang kunci brandingnya kita.. Itulah mengapa, biasanya sistem2 bisnis keagenan ini menyelenggarakan pelatihan buat agen2nya.. supaya bisa menyampaikan dengan tepat, dan meminimalisir branding yang "salah"

Kalau B2C. hal ini kita kontrol semua. jadi branding juga otomatis lebih bisa dikontrol.

0 Response to "3 Alasan Saya Ga Suka Model B2B"

Posting Komentar