My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Setahun yang lalu....

Tepat setahun lalu saya bingung.. mau lanjutin nulis se-enak jidat, se-enak hati.. atau nulis spesifik ke topik tertentu saja.. pilihannya 2, blog tentang self-help atau blog tentang bisnis..

baca dulu: Blog Niche Bisnis / Self Help?

Semenjak nulis itu, saya putuskan untuk tetep nulis se-enak jidat... dan ternyata hasilnya... Tulisan tentang bisnis jauh lebih banyak yang view daripada tulisan tentang self-help...

dan ternyata.. baru saya sadari.. top post setahun lalu, berubah total.. menjadi ada top post yang baru..

tulisan terbaik Ghani Juli 2020
tulisan terbaik Ghani Juli 2020


tulisan terbaik Ghani Juli 2021
tulisan terbaik Ghani Juli 2021

hanya 1 tulisan yang tetep menjadi top post.. yaitu tulisan tentang review sepeda saya, yang saya tulis di tahun 2018.

dan alhamduilillahnya, ada tulisan tahun 2015 yang muncul ke "permukaan". masya Allah... ini bukti bahwa menulis itu everlast... Al-Quran bertahan sudah 1500 tahun lebih dan akan sampai hari kiamat... Tulisan manusia juga ada yang bertahan ribuan tahun.. Kitab2 hadits.. Mukaddimah nya Ibnu Khaldun... Kalau lokal, mungkin paling populer Tetralogi Pulau Buru nya Pram... udah baca kan? kalau belum beli gih sana..

Ternyata topik bisnis lebih banyak dicari daripada topik self-help.. padahal menjadi pebisnis itu butuh banyak buku self-help loh.. Pebisnis  harus kreatif, disiplin, konsisten, presisten, efektif, efisien, daaaannn lain sebagainya.. dimana materi2 itu didapat dari buku self-help.

Dan dari tulisan2 saya tentang bisnis, muncul banyak komen, muncul banyak japrian, bahkan ada yang bisa jadi prospek bisnis bareng. lumayan banget kan?

oya soal comment di Blog.. ngedapetin 1 comment di blog itu rasanya 100x lebih seneng daripada dapetin comment di Sosmed loh. serius... Blog istri saya (haratulisanah.com) lebih banyak dapet comment dari pada blog saya ini. Padahal saya nulis tiap hari, istri saya paling nulis sebulan sekali. Experience nya berbeda.. Istri saya lebih "happy" ketimbang saya dalam nulis blog.

ya begitulah...

so what's the next step?

Saya mau kotret2 dulu.. mau dibawa ke mana Blog saya ini. sudah hampir 2 tahun konsisten nulis tiap hari, saatnya naik level.


0 Response to "Setahun yang lalu...."

Posting Komentar