My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku: Who Says Elephant Can't Dance?


Buku ini karangan Louis V. GERSTNER, Jr. CEO IBM di tahun 1993~2002.

di sampulnya tertulis:

Learn the management secrets that drove IBM's uncprecedated turnaround. Leading a great enterprise through dramatic change.

Buku ini sering saya denger, pernah dimention orang ketika lagi diskusi, pernah juga dimention di beberapa buku sebelumnya yang saya baca.. Tapi setelah baca buku ini, sejujurnya saya agak kecewa....

Review Buku: Who Says Elephant Can't Dance?
Review Buku: Who Says Elephant Can't Dance?


Review umum

Sejujurnya banyak gagal fahamnya tentang buku ini. Bahasanya yang hampir setiap paragraf saya menemukan vocab yang saya ga ngerti.. Trus banyak subjek2 lokal, yang orang yang hidup di Amerika aja yang tau.. 

Dan yang paling membingungkan adalah saya susah membayangkan situasi / kondisi latar waktu dari buku ini.. Buku ini ditulis tahun 2002, dengan latar timeframe 93~02... Tapi udah ngebahas cloud computing, udah ngebahas online-shopping, buku online, dannn seterusnya..

Bikin bingung, karena cloud-computing saya baru kenal beberapa taun ke belakang aja.. apakah Indonesia memang telat sampai 20 tahun gitu?

Karena itu, saya cuma bisa nangkep alur ceritanya aja.. Agak susah nangkep esensi kenapa Lou (si penulis) bisa ngebuat bangkit IBM yang terlihat mau mati.

Bahkan saya harus Googling supaya tau sebenernya IBM itu jualan apa sih.. he he

Jadi inti ceritanya, Lou ini CEO outsider (bukan berkarir di IBM), dan berhasil membangkitkan IBM yang tadinya rugi, menjadi profit lagi. Kesusahan utama dari Lou untuk ngebongkar IBM adalah karena IBM sudah sangat besar, karyawannya ratusan ribu, cultur nya sudah kuat, desentralisasi dimana mana, dan banyak orang yang "main aman"..

kurang lebih begitu cerita singkatnya.. disini dibahas langkah2 apa saja yang Lou lakukan, tapi jujur saya kurang nangkep poin pentingnya, usaha apa sih yang doi lakukan supaya IBM bisa bangkit?

Ada cerita yang menarik, dan "agak lucu"...

jadi awal2 Lou diangkat jadi CEO IBM, dia bikin memo email ke SELURUH karyawan IBM worldwide.. Belakangan dia baru tahu, bahwa karyawan IBM di Eropa ga dapet email Lou ini.. lalu dia tanyain ke Europe Manager, si Europe Manager bilang kalau email tersebut ga relevan dengan karyawan IBM di Eropa. 

lahhhhh... CEO nya siapeeee...

ya begitulah, organisasi semakin besar memang semakin saru. apalagi dengan orang orang yang lama. IBM ini organisasi besar sekali, bayangkan ratusan ribu karyawan! Kalau di dunia professional masih bisa diotak atik.. tapi kalau di dunia pemerintahan? wihhh malesnya... bikin peraturan ga bisa seenak jidat..

Buku ini cocok untuk siapa?

setidaknya memenuhi kriteria ini supaya bisa "nyerep" sempurna buku ini:
  • pernah baca beberapa buku tentang keadaan bisnis di Amerika, khususnya 90an dan 2000an awal
  • C level perusahaan
  • Bahasa Inggris tingkat advance
  • Startup Founder
kalau anda memenuhi 1 saja dari kriteria di atas, mungkin buku ini cocok buat anda.. ini mah pendapat saya ya.. walaupun sebenernya, ternyata buku ini ga cocok buat saya.

Catatan pribadi
ini beberapa catatan pribadi saya tentang buku ini...
  • Let's decentralize decision making wherever possible, but this is not always the right approach; we must balance decentralized decision making with central strategy and common customer focus.
  • market-driven decision making
  • we have little time to spend on problem definition. We must focus our efforts on solutions and actions.
  • Whatever hard of painful things you have to do, do them quickly and make sure everyone knows what you are dong and why
  • faster cycle time, faster delivery time, and a higher quality of service.
  • Nobody likes change. Whether you are a senior executive or an entry-level employee, change represents uncertainty and, potentially, pain.
  • Building an organizational plan was easy. It took three years of hard work to implement the plan, and implement it well.
  • I bought stock repeatedly on the open market in the early days, because i felt it was important to have my own money at risk
  • You can't transform institutions if the incentive programs are not aligned with your new strategy.
  • Gross profit margins were amazing -- consistently around 60% --> golden time of IBM 1965 ~ 1985
  • The truth is that no large enterprise can work without bureaucracy
  • Required behavioral change

  • However, I have learned that lack of focus is the most common cause of corporate mediocrity
  • The best companies in an industry build processes that allow them to outperform their competitors vis-a-vis these success factors. Think about great companies. Wal-Mart has superb process in store management, inventory, selection, and pricing. GE is world-class in cost management and quality. Toyota is best-in-class in product lifecycle management.
  • Consequently, every decentralized business had its own data processing center, human resources group, financial analysis team, planning organization, and so on. Decision making was, in fact, fast if the decision touched only on a single decentralized unit. However, when multiple segments of the enterprise had to be invoked, the highly decentralized model led to turf battles and inadequate customer responses because of incompatible systems in the bits and pieces of the enterprise.
  • net income IBM

  • net income IBM 90an
    net income IBM 90an
    ternyata net income IBM aja hanya sekitar 8%-an. dimana kalau kita deposito sekarang, bisa dapet 7%an.. dulu saya mikir, kalau bisnis ga bisa ngasih ROI lebih besar daripada deposit, lantas ngapain bisnis?? eh ternyata IBM juga ga jauh2 amat dari nilai bunga deposito..

    ya itu kalau diitung cuma profit aja ya... tapi kan multiplier effect nya banyak.. vendor lah, karyawan lah, pajak lah, dst dst dst

0 Response to "Review Buku: Who Says Elephant Can't Dance?"

Posting Komentar